RoboguruRoboguru
SD

Bukti yang menunjukkan bahwa kutipan tersebut mengajarkan nilai-nilai bahwa manusia harus mendermakan sebagian hartanya adalah kalimat ...

Pertanyaan

Perhatikan penggalan teks berikut!


    "Ada apa ya, Pak?"

    "Minta sedekah, Pak! Aku kaget, bersambung dongkol. Suaranya keras, terdengar kasar. Tapi, ia tampak tetap tersenyum. Melihat tubuhnya, menurutku, tak pantas ia jadi pengemis.

    Ketika aku ingin mengatakan, "Maaf, lain kali," tiba-tiba wajah laki-laki kekar peminta sedekah itu menjelmakan wajah ibu di kepalaku.

    "lngat, selagi ada rezeki dan usia untuk bersedekah, bersedekahlah. Kepada siapa pun, jika niatnya, tulus untuk bersedekah, itu sangat baik bagi kehidupan ... ," begitu kata ibu semasa hidup masih terngiang, seakan berwasiat. Dan ibu tak pernah berkata, sebagaimana orang kebanyakan, bahwa bersedekah akan mendapatkan pahala dari Tuhan. Tetapi, ibu selalu berkata, "Baik untuk kehidupan .... " Mungkin, aku disuruh menafsirkan makna yang terkandung di dalamnya: kehidupan dunia dan akhirat!

Ngiang Kata lbu, Yusrizal KWspace 

Bukti yang menunjukkan bahwa kutipan tersebut mengajarkan nilai-nilai bahwa manusia harus mendermakan sebagian hartanya adalah kalimat ...space 

  1. Melihat tubuhnya, menurutku, tak pantas ia jadi pengemis.space 

  2. lngat, selagi ada rezeki dan usia untuk bersedekah, bersedekahlah.space 

  3. Bersedekah akan mendapatkan pahala dari Tuhan.space 

  4. Aku kaget, bersambung dongkol.space 

  5. Mungkin, aku disuruh menafsirkan makna yang terkandung di dalamnya: kehidupan dunia dan akhirat!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan

Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dan memiliki satu konflik dalam ceritanya. Umumnya sebuah cerpen terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata di dalamnya. Dengan keterbatasan tersebut, cerpen akan lebih fokus pada satu alur atau plot, karakter utama dan beberapa karakter tambahan jika diperlukan, serta penyelesaian masalah yang ringkas dan efektif. Nilai ajaran atau etika dalam kehidupan selalu terkandung dalam suatu cerpen yang ditulis dengan baik. Berbagai nilai tersebut dikemas secara implisit atau secara tidak langsung melalui alur, latar, tokoh dan tema yang diusung. Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen terdiri atas nilai moral, nilai budaya/adat, nilai agama dan nilai sosial. Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan akhlak atau etika; nilai budaya merupakan nilai yang berhubungan dengan kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat: nilai agama merupakan nilai yang berhubungan dengan ajaran agama; nilai sosial merupakan nilai yang berhubungan dengan interaksi-interaksi tokoh dengan antar tokoh atau interaksi tokoh dengan lingkungannya.

Pada kutipan cerpen tersebut terdapat nilai-nilai yang mengajarkan bahwa manusia harus mendermakan sebagian hartanya. Hal itu dibuktikan pada kalimat "lngat, selagi ada rezeki dan usia untuk bersedekah, bersedekahlah...." Kutipan kalimat tersebut menunjukkan adanya nilai religi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

709

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 23 dan 24.   Di kampung itu tidak ada yang tidak tahu Kaji Ali. Bukan karena lelaki setengah baya dengan kumis tipis serta berjenggot tebal dan panjang itu ad...

443

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia