Roboguru

Nilai pendidikan dalam kutipan cerpen yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ....

Pertanyaan

Nilai pendidikan dalam kutipan cerpen yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah .... 

  1. Menjadi orang yang bertanggung jawab 

  2. Memikul beban keluarganya 

  3. Seorang laki-laki yang menghidupi keluarganya 

  4. Menjadi pengusaha ekspor-impor 

  5. Menjadi guru bagi bangsa dan negara 

Pembahasan Soal:

Nilai pendidikan adalah nilai yang memberikan kontribusi positif kepada seseorang. Pendidikan merupakan proses berkesinambungan yang terjadi dalam diri seseorang. Nilai pendidikan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari tokoh dalam teks tersebut adalah menjadi guru bangsa dan negara. Diceritakan kehidupan seseorang bernama Taksu yang menjadi pengusaha dan guru besar bagi bangsa dan negaranya. Hal ini dibuktikan pada kutipan kalimat Bahkan, guru bagi bangsa dan negara, karena jasa-jasanya menularkan etos kerja,” ucap promotor ketika Taksu mendapat gelar doktor honoris causa dari sebuah perguruan tinggi bergengsi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Simpulan tersirat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa fiksi. Salah satu unsur yang terbentuk dari dalam cerpen itu sendiri atau yang disebut dengan unsur intrinsik adalah amanat, yaitu pesan moral yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui cerpen. Oleh karena itu, simpulan tersirat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah Orang yang tanggap memberikan bantuan kepada pihak yang terkena musibah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Nilai yang menonjol dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Nilai ajaran atau etika dalam kehidupan selalu terkandung dalam suatu cerpen yang ditulis dengan baik. Berbagai nilai tersebut dikemas secara implisit atau secara tidak langsung melalui alur, latar, tokoh dan tema yang diusung. Beberapa nilai tersebut meliputi nilai budaya, moral, agama dan nilai praktis lainnya. Nilai religius adalah nilai dalam cerpen yang berhubungan dengan kepercayaan atau ajaran agama tertentu. Biasanya nilai ini dapat diketahui dengan simbol agama tertentu, kutipan atau dalil dari suatu kitab suci, dan penggambaran nilai-nilai kehidupan yang dilandasi ajaran agama yang bersifat universal.

Nilai yang menonjol dalam kutipan cerpen tersebut adalah nilai religius. Secara implisit kutipan cerpen tersebut mengandung nilai religius yaitu mengucap salam sembari menoleh ke kanan dan kiri yang merupakan salah satu gerakan setelah selesai salat. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Mula-mula dia mengerang setelah mengucapkan Assalaamu'alaikum ke kanan dan ke kiri." Nilai religius lainnya tergambar dari penggunaan kopiah. Kopiah merupakan benda yang biasa dipakai orang Islam waktu salat. Hal itu digambarkan pada kutipan "Tiba-tiba kepalanya terkulai, dia tumbang mencium sajadah sambil merangkul dadanya kuat-kuat. Kopiahnya terlempar beberapa jengkal."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ....

Pembahasan Soal:

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi proses pembuatan cerpen. Salah satu unsur ekstrinsik cerpen adalah nilai-nilai kehidupan, yaitu perbuatan baik yang harus kita tiru dan perbuatan buruk yang harus kita jauhi.

Salah satu nilai-nilai kehidupan dalam cerpen adalah nilai agama, yaitu hal-hal yang bisa dijadikan pelajaran yang terkandung di dalam cerpen, berkaitan dengan ajaran agama.

Pada kutipan cerpen tersebut terdapat kalimat:

  • “Bunyi beduk menyadarkan kami yang seru berbagi cerita sehingga kami bangkit dari duduk, bersiap menyucikan diri dengan wudu.”
  • “Semua itu terjadi atas kehendak Allah…"
  • “Azan lsya berkumandang. “
  • “Kami salat berjamaah.”

Pada keempat kalimat tersebut terdapat nilai agama, yaitu hal-hal yang bisa dijadikan pelajaran yang terkandung di dalam cerpen, berkaitan dengan ajaran agama. Nilai agama pada kalimat tersebut di antaranya bersiap mengambil wudu, mengingat bahwa semua hal terjadi atas kehendak Allah, azan Isya berkumandang, dan salat berjamaah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

0

Roboguru

Nilai pendidikan dalam kutipan cerpen yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah ....

Pembahasan Soal:

Nilai pendidikan atau edukatif adalah nilai dalam cerpen yang berhubungan dengan pengubahan tingkah laku dari baik ke buruk (pengajaran) atau bisa juga berhubungan dengan sesuatu hal yang mempunyai latar belakang pendidikan atau pengajaran.

Nilai pendidikan dalam cerpen tersebut adalah menjadi guru bagi bangsa dan negara. Dapat dibuktikan pada kalimat guru bagi bangsa dan Negara karena jasa-jasanya menularkan etos kerja. Menjelaskan bahwa Taksu berkontribusi dalam mensukseskan pendidikan dan memajukan bangsa dan negara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

0

Roboguru

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 7–10.     Berita itu seperti petir di siang bolong buatku. Aku masih tertegun-tegun, berusaha keras mencerna semuanya. Setahuku, kondisi fisik Kurniadi memang...

Pembahasan Soal:

Nilai-nilai pada karya sastra adalah sebagai berikut :

  • Nilai religi adalah nilai yang mengandung aspek ketuhanan dan agama.
  • Nilai sosial adalah uatu kualitas perilaku, pikiran, dan karakter yang dianggap masyarakat baik dan benar, hasil yang diinginkan, dan layak ditiru oleh setiap orang.
  • Nilai moral adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan perbuatan baik serta buruk yang menjadi pedoman kehidupan manusia secara umum.
  • Nilai budaya adalah ilai-nilai yang telah berlaku di masyarakat baik di dalam organisasi maupun di masyarakat, dan telah disetujui oleh kesepakatan bersama.
  • Nilai politik adalah wujud budaya politik yang dianut oleh masyarakat, bangsa, atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas kehidupan, khususnya kehidupan politik.

Nilai kehidupan yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah nilai moral.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah pilihan jawaban B.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved