Roboguru

Budaya mengenal logam di Indonesia dibawa oleh bangsa Deutro Melayu. Ras ini dianggap lebih maju dibandingkan berbagai jenis manusia purba yang ada di Indonesia karena ...

Budaya mengenal logam di Indonesia dibawa oleh bangsa Deutro Melayu. Ras ini dianggap lebih maju dibandingkan berbagai jenis manusia purba yang ada di Indonesia karena ...

  1. Deutro melayu hidup lebih muda x dibandingkan berbagai manusia purba di Indonesia, sedangkan manusia purba sudah ada di nusantara sekitar 1 juta hingga 200.000 tahun yang lalu.

  2. Manusia masih mengunakan alat dari batu sedangkan deutro melayu mengunakan logam yang membutuhkan keterampilan dan kecerdasan lebih baik.

  3. Bangsa deutro melayu bukanlah penduduk asli Indonesia melainkan dari Dongson Vietnam, sedangkan manusia purba adalah penduduk asli Indonesia.

  4. Deutro melayu berasal dari jenis homo, sedangkan manusia purba di Indonesia dari jenis megantropus dan pithecantropus.

  5. Bangsa Deutro melayu ialah manusia hasil evolusinya berbagai jenis manusia purba di Indonesia.

Jawaban:

Bangsa Deutro Melayu (Bangsa Melayu Muda) hidup sekitar 500 SM. Bangsa Deutro Melayu masuk ke Indonesia melalui jalur barat yakni Malaya-Sumatra. Menurut Nathanael Daldjoeni (1984), Bangsa Deutro Melayu berasal dari Dongson di Vietnam Utara sehingga sering disebut sebagai orang Dongson. Bangsa ini memiliki kebudayaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangsa lainnya karena kepiawaiannya dalam membuat barang-barang dari logam. Pada awalnya peralatan yang mereka gunakan terbuat dari perunggu kemudian dari besi. Beberapa hasil kebudayaan terpenting bangsa ini adalah kapak corong atau kapak sepatu dan nekara. Selain itu mereka telah mengenal sistem irigasi, pengolahan lahan pertanian, hingga perikanan laut dan pelayaran. Keturunan bangsa Deutro Melayu ini meliputi: Suku Jawa, Madura, Manado, dan Melayu (Sumatra, Kalimantan, dan Malaka).

Sehingga, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved