Roboguru

Buatlah peta konsep mengenai teks anekdot tersebut secara kreatif!

Pertanyaan

Buatlah peta konsep mengenai teks anekdot tersebut secara kreatif!space 

Pembahasan Soal:

Anekdot diartikan sebagai cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dalam humor suatu anekdot terdapat kritik atau sindiran yang disampaikan secara halus dalam cerita. Teks di atas berisi tentang seekor keledai yang belajar membaca. Tentunya, tidak benar-benar membaca. Keledai hanya membalikkan halaman buku karena ada gandum yang disisipkan di situ. Nasrudin mengumpamakan kita seperti keledai kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya. 

Peta konsep akan dibuat setelah kita memahami pokok-pokok isi dalam teks anekdot di atas. Pokok-pokok isi teks di atas dapat menggunakan kata-kata tanya berikut.

  1. Apa
    Apa digunakan untuk identifikasi peristiwa yang digunakan. Identifikasi peristiwa di atas adalah peristiwa yang dilakukan Nasrudin.
  2. Siapa
    Siapa digunakan untuk mengidentifikasi tokoh-tokoh yang diceritakan dalam teks "Tokoh anekdot Keledai Membaca"
  3. Kapan
    Kapan digunakan untuk mengidentifikasi latar waktu dalam cerita. Identifikasi dalam teks di atas adalah waktu terjadinya peristiwa dalam anekdot "Keledai Membaca".
  4. Di mana
    Di mana digunakan untuk mengidentifikasi latar tempat dalam cerita. Tempat kejadian cerita dalam anekdot "Keledai Membaca".
  5. Mengapa
    Mengapa digunakan untuk mengidentifikasi alasan peristiwa terjadi. Alasan Nasrudin mengajari keledainya membaca dengan menaruh gandum di balik halaman-halaman buku.
  6. Bagaimana
    Bagaimana digunakan untuk mengidentifikasi akibat dari tindakan yang dilakukan tokoh dalam cerita. Nilai membaca yang ingin disampaikan Nasrudin.

Dengan demikian, peta konsep bisa dibuat dengan menuliskan identifikasi peristiwa di atas adalah peristiwa yang dilakukan Nasrudin, tokoh anekdot "Keledai Membaca", waktu terjadinya peristiwa dalam anekdot "Keledai Membaca", tempat kejadian cerita dalam anekdot "Keledai Membaca", alasan Nasrudin mengajari keledainya membaca dengan menaruh gandum di balik halaman-halaman buku, dan  nilai membaca yang ingin disampaikan Nasrudin.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang harus Anda perhatikan ketika mengungkapkan atau menceritakan kembali isi teks anekdot?

Pembahasan Soal:

Teks anekdot merupakan cerita lucu singkat yang terinspirasi dari kejadian nyata, mengandung sindiran, nasihat kehidupan, maupun pendidikan. Menceritakan kembali teks anekdot, berarti juga memahami isi dan aspek lain dari teks yang akan diceritakan kembali. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar memahami isi teks anekdot:

  1. membaca teks anekdot dengan cermat;
  2. menentukan isi teks anekdot yang akan diceritakan kembali;
  3. menentukan makna tersirat maupun tersurat yang disampaikan penulis dalam teks tersebut;
  4. menemukan tujuan dalam teks anekdot.

Hal-hal tersebut akan membantu Anda dalam memahami poin-poin penting yang perlu diungkapkan dan manfaat yang bisa diambil oleh pembaca.


Dengan demikian, dalam mengungkapkan atau menceritakan kembali isi teks anekdot perlu memperhatikan isi, makna, dan tujuan dalam teks anekdot.

0

Roboguru

Ringkasan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dalam meringkas isi teks anekdot, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Membaca atau menyimak, serta memahami anekdot dengan saksama
  2. Menentukan makna tersirat yang disampaikan berdasarkan identifikasi sebelumnya
  3. Mengaitkan makna anekdot dengan fakta dan nilai-nilai kehidupan
  4. Mengidentifikasi unsur-unsur anekdot
  5. Mengumpulkan dan menguraikan fakta-fakta yang berkaitan dengan topik anekdot
  6. Menuliskan kembali makna dalam anekdot berdasarkan hasil identifikasi dalam bentuk ulasan

Oleh karena itu, ringkasan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah setelah meninggal, Sopir Angkot dan Pendakwah ditanyai oleh Malaikat mengenai pekerjaannya. Malaikat memberikan kamar yang berbeda. Kamar Sopir lebih baik daripada kamar Pendakwah. Alasannya, Pendakwah membuat orang mengantuk dan lupa Tuhan saat berceramah, sedangkan sopir angkot membuat orang berdoa karena mengemudi ugal-ugalan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Jelaskan isi gambar tersebut dalam bentuk paragraf singkat sesuai pemahaman Anda.

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Isi pokok anekdot di atas adalah tentang tolak peluru juga termasuk olahraga sepak bola karena ketika suporter tim sepak bola melempar botol ke lapangan dianggap sedang melakukan tolak peluru. Adapun langkah menulis anekdot sebagai berikut:

  1. Mengobservasi suatu peristiwa di kehidupan nyata dengan menyoroti satu masalah yang ditimbulkan, kemudian ditanggapi dengan pandangan pribadi disertai unsur humor.
  2. Mengidentifikasi dan menentukan struktur teks anekdot hingga terjalin urutan peristiwa yang utuh dan dapat menyampaikan pesan kepada pembaca.
  3. Mengeksplorasi masalah berdasarkan struktur agar terjalin rangkaian peristiwa yang utuh, serta menentukan keunikan dan unsur humor yang digunakan untuk menyampaikan pesan.

Dengan demikian, kalian bisa membuat paragraf singkat anekdot berdasarkan isi gambar tersebut dengan kerangka berikut ini:

  • Gagasan utama: Suporter tim sepak bola yang seringkali melempar botol ke lapangan saat pertandingan sepak bola.
  • Isi gambar: Tolak peluru juga termasuk olahraga sepak bola karena ketika suporter tim sepak bola melempar botol ke lapangan dianggap sedang melakukan tolak peluruspace 

0

Roboguru

Ceritakan kembali teks anekdot tersebut dengan bahasa Anda sendiri!

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal.

Adapun langkah-langkah untuk menceritakan ulang sebuah anekdot sebagai berikut:

  1. Membaca isi anekdot dengan saksama. 
  2. Memahami jalannya cerita. 
  3. Mencatat unsur-unsur pokok anekdot. 
  4. Menceritakan kembali dengan pola (dialog ke narasi atau narasi ke dialog) berbeda dengan tetap memperhatikan unsur-unsurnya.

Dengan demikian, teks anekdot di atas dapat diceritakan kembali menjadi:

Dalam perjalan pulang setelah memancing, Budi mengemudi dengan cepat di jalan. Akhirnya Budi ditilang oleh petugas polisi. Ketika polisi itu hendak pergi, Budi bertanya.

Budi: "Pak Polisi, saya tahu saya ngebut, tapi saya tidak berpikir itu adil. Ada banyak mobil lain di sekitar saya sama cepatnya, tapi mengapa cuma saya yang mendapatkan tilang?”

Polisi: "Saya melihat Anda hobi memancing," (Petugas itu mengangkat kepalanya dan menunjuk ke alat pancing di kursi penumpang)

Budi: "Ummm, ya saya tadi habis mancing ... jadi?" (Budi bingung)

Polosi: "Pernahkah kau menangkap semua ikan?" (Petugas tersenyum sambil berpaling pergi)space 

1

Roboguru

Coba ceritakan kembali teks anekdot tersebut dengan bahasa Anda sendiri!

Pembahasan Soal:

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menceritakan ulang sebuah anekdot sebagai berikut.

  1. Membaca isi anekdot deqgan saksama.
  2. Memahami jalannya cedta.
  3. Mencatat unsur-unsur pokok anekdot.
  4. Menceritakan kembali dengan pola (dialog ke narasi atau narasi ke dialog) berbeda dengan tetap memperhatikan unsur-unsurnya. 

Penceritaan ulang teks anekdot "Kunjungan Studi Banding Pejabat Mongolia" sebagai berikut.

    Beberapa waktu yang lalu delegasi dari Mongalia berkunjung ke Indonesia untuk studi banding dan belajar tentang bidang kelautan karena merekan akan membuat sebuah Departemen Kelautan. Beberapa pejabat menertawakan maksud dari Mongolia tersebut karena mereka tahu bahwa Mongolia tidak memiliki laut. Melihat respons dari para pejabat Indonesia, Mongolia mengatakan bahwa mereka bersungguh-sungguh ingin belajar dari Indonesia. Mereka memberikan sindiran bahwa buktinya Indonesia memiliki Departemen Hukum dan Departemen Kesejahteraan Umum.

Dengan demikian, teks anekdot dapat diceritakan ulang dengan menggunakan bahasa sendiri, tetapi tetap mempertahakan unsur-unsurnya.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved