Roboguru

Buat rangkuman tentang "Perlawanan Rakyat Menentang Dominasi Asing (sebelum tahun 1800)": Perlawanan Rakyat Maluku!

Pertanyaan

Buat rangkuman tentang "Perlawanan Rakyat Menentang Dominasi Asing (sebelum tahun 1800)": Perlawanan Rakyat Maluku! 

Pembahasan Soal:

Perlawanan rakyat menentang dominasi asing sebelum tahun 1800 dilakukan lewat pertempuran fisik. Pertempuran tersebut terjadi di sejumlah wilayah di Kepulauan Indonesia, salah satunya di Maluku. Perlawanan pertama rakyat Maluku terhadap dominasi asing sebelum tahun 1800 terjadi pada tahun 1570, dimana rakyat Maluku di bawah pimpinan Sultan Khairun melawan penjajahan Portugis. Setelah terbunuhnya Sultan Khairun, perlawanan dilanjutkan oleh puteranya yang bernama Sultan Baabullah. Perang berkobar selama lima tahun. Sedikit demi sedikit, pasukan Sultan Baabulah berhasil menguasai wilayah Portugis dan tersisa Benteng Sao Paulo. Setelah ultimatum pada Juli 1575, Portugis terpaksa meninggalkan Maluku baik koloni maupun perdagangannya. Setelah perlawanan dengan penjajahan Portugis, rakyat Maluku juga melakukan perlawanan terhadap hegemoni VOC. Perlawanan yang pernah tercatat dilakukan oleh Kapten Hitu pada 1635, Telukabesi yang dipadamkan pada 1646, dan Saidi di Ambon pada 1650. Keseluruhannya berhasil ditumpas, keadaan dapat terkontrol sampai akhir abad ke-17. 

Dengan demikian, perlawanan rakyat Maluku terhadap dominasi asing sebelum tahun 1800 dilakukan dengan melawan Portugis dan Belanda. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Perlawanan rakyat Maluku berlangsung pada tahun 1817 dan dipimpin oleh Pattimura. Perlawanan tersebut dilatarbelakangi oleh sikap semena-mena Belanda terhadap penduduk.

1

Roboguru

Penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda membawa perlawanan bagi rakyat Indonesia. Salah satunya perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Thomas Matulessy (Pattimura). Latar belakang perlawana...

Pembahasan Soal:

Perlawanan Pattimura dan rakyat Maluku terhadap penjajahan Belanda berlangsung pada tahun 1817. Perlawanan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, seperti tindakan monopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Belanda melalui pelayaran Hongi di Maluku, timbulnya kesengsaraan Maluku karena kebijakan penyerahan wajib berupa penyerahan ikan asin, kopi dan hasil laut lainnya kepada Belanda, hingga sikap Residen Saparua yang memberlakukan masyarakat Maluku dengan sewenang-wenang.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Dalam Perlawanan Rakyat Maluku, perjuangannya untuk melawan …

Pembahasan Soal:

Perlawanan rakyat Maluku pada tahun 1817 bertujuan untuk mengusir Belanda dari Maluku. Belanda yang kembali datang ke Indonesia setelah Indonesia berada di bawah pengaruh Perancis dan Inggris ini memicu kegelisahan bagi rakyat Maluku. Belanda banyak menindas rakyat Maluku sejak zaman VOC dengan diharuskan menyerahkan berbagai hasil bumi dan berbagai kerja rodi. Hal tersebut mengakibatkan perlawanan rakyat Maluku untuk melawan VOC yang terjadi pada tanggal 16 Mei 1817.

Jadi, dalam Perlawanan Rakyat Maluku 1817, perjuangannya untuk melawan Belanda yang berkuasa kembali setelah Indonesia berada di bawah pengaruh Perancis dan Inggris. space

0

Roboguru

Dalam Perlawanan Rakyat Maluku, kapan terjadi masa perjuangannya?

Pembahasan Soal:

Perlawanan Rakyat di Maluku merupakan perlawanan pertama rakyat Indonesia kepada Belanda setelah sebelumnya Indonesia di bawah pengaruh Perancis serta Inggris. Kedatangan Belanda kembali ke Indonesia pada tahun 1817 memicu pertentangan keras dari rakyat Maluku. Hal ini disebabkan buruknya kondisi politik, ekonomi, dan sosial yang dirasakan rakyat Maluku saat berada di bawah kekuasaan VOC. Akhirnya, perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda terjadi pada bulan Mei 1817 dengan dipimpin oleh Kapitan Pattimura. Rakyat Maluku menyerang dan merebut Benteng Duurstede dari pihak Belanda. Perlawanan ini berakhir setelah Kapitan Pattimura ditangkap oleh Belanda dan dihukum mati pada tanggal 16 Desember 1817.

Jadi, masa perjuangan perlawanan rakyat Maluku adalah 16 Mei-16 Desember 1817. space

0

Roboguru

Berikut yang bukan latar belakang perlawanan rakyat Maluku adalah ....

Pembahasan Soal:

Perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor-faktor tersebut yakni tindakan monopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Belanda melalui pelayaran Hongi di Maluku, timbulnya kesengsaraan Maluku karena kebijakan penyerahan wajib berupa penyerahan ikan asin, kopi dan hasil laut lainnya kepada Belanda, sikap Residen Saparua yang memberlakukan masyarakat Maluku dengan sewenang-wenang, hingga pembangunan benteng pertahanan Belanda di Maluku. Perlawanan rakyat Maluku ditandai dengan penyerangan benteng duurstede

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.  
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved