Roboguru

Sebutkan latar belakang perlawanan Pattimura!

Pertanyaan

Sebutkan latar belakang perlawanan Pattimura!

Pembahasan Soal:

Latar belakang timbulnya perlawanan Pattimura, di samping adanya tekanan-tekanan yang berat di bidang ekonomi sejak kekuasaan VOC juga dikarenakan hal sebagai berikut.

  1. Sebab ekonomis, yakni adanya tindakan-tindakan pemerintah Belanda yang memperberat kehidupan rakyat, seperti sistem penyerahan secara paksa, kewajiban kerja blandong, penyerahan atap dan gaba-gaba, penyerahan ikan asin, dendeng dan kopi. Selain itu, beredarnya uang kertas yang menyebabkan rakyat Maluku tidak dapat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari karena belum terbiasa.
  2. Sebab psikologis, yaitu adanya pemecatan guru-guru sekolah akibat pengurangan sekolah dan gereja, serta pengiriman orang-orang Maluku untuk dinas militer ke Batavia. Hal-hal tersebut di atas merupakan tindakan penindasan pemerintah Belanda terhadap rakyat Maluku.

Latar belakang timbulnya perlawanan Pattimura, di samping adanya tekanan-tekanan yang berat di bidang ekonomi seperti kerja paksa juga adanya tekanan di bidang psikologis dengan berbagai penindasan yang dilakukan pemerintah Belanda terhadap rakyat Maluku.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Perlawanan rakyat Maluku berlangsung pada tahun 1817 dan dipimpin oleh Pattimura. Perlawanan tersebut dilatarbelakangi oleh sikap semena-mena Belanda terhadap penduduk.

1

Roboguru

Dalam Perlawanan Rakyat Maluku, perjuangannya untuk melawan …

Pembahasan Soal:

Perlawanan rakyat Maluku pada tahun 1817 bertujuan untuk mengusir Belanda dari Maluku. Belanda yang kembali datang ke Indonesia setelah Indonesia berada di bawah pengaruh Perancis dan Inggris ini memicu kegelisahan bagi rakyat Maluku. Belanda banyak menindas rakyat Maluku sejak zaman VOC dengan diharuskan menyerahkan berbagai hasil bumi dan berbagai kerja rodi. Hal tersebut mengakibatkan perlawanan rakyat Maluku untuk melawan VOC yang terjadi pada tanggal 16 Mei 1817.

Jadi, dalam Perlawanan Rakyat Maluku 1817, perjuangannya untuk melawan Belanda yang berkuasa kembali setelah Indonesia berada di bawah pengaruh Perancis dan Inggris. space

0

Roboguru

Dalam Perlawanan Rakyat Maluku, kapan terjadi masa perjuangannya?

Pembahasan Soal:

Perlawanan Rakyat di Maluku merupakan perlawanan pertama rakyat Indonesia kepada Belanda setelah sebelumnya Indonesia di bawah pengaruh Perancis serta Inggris. Kedatangan Belanda kembali ke Indonesia pada tahun 1817 memicu pertentangan keras dari rakyat Maluku. Hal ini disebabkan buruknya kondisi politik, ekonomi, dan sosial yang dirasakan rakyat Maluku saat berada di bawah kekuasaan VOC. Akhirnya, perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda terjadi pada bulan Mei 1817 dengan dipimpin oleh Kapitan Pattimura. Rakyat Maluku menyerang dan merebut Benteng Duurstede dari pihak Belanda. Perlawanan ini berakhir setelah Kapitan Pattimura ditangkap oleh Belanda dan dihukum mati pada tanggal 16 Desember 1817.

Jadi, masa perjuangan perlawanan rakyat Maluku adalah 16 Mei-16 Desember 1817. space

0

Roboguru

Dalam Perlawanan Rakyat Maluku, tuliskan hal yang diketahui mengenai ringkasan perjuangannya!

Pembahasan Soal:

Perlawanan rakyat Maluku adalah ketika rakyat Maluku melawan Belanda yang kembali datang ke Indonesia. Kedatangan kembali Belanda ke Maluku mendapatkan tentangan keras dari rakyat setempat karena mereka membayangkan penderitaan pada zaman VOC dengan kondisi politik, ekonomi, dan sosial yang buruk. Di bawah pimpinan Kapitan Pattimura, rakyat Maluku melakukan perlawanan terhadap Belanda pada tanggal 16 Mei 1817. Rakyat Maluku memulai dengan menyerang pos-pos serta benteng Belanda di Saparua. Penyerangan tersebut berhasil merebut Benteng Duurstede. Hal ini membuat Belanda geram sehingga merebut kembali benteng tersebut. Dalam menumpas perlawanan ini, Belanda meminta bantuan kepada Batavia. Akhirnya, perlawanan ini berakhir pada tanggal 16 Desember 1817 dengan Kapitan Pattimura dan tokoh lainnya dihukum gantung.

Jadi, perlawanan rakyat Maluku disebabkan karena adanya kekhawatiran bahwa Belanda akan bertindak sebagaimana ketika zaman VOC. Akibatnya, rakyat Maluku dengan pimpinannya, yaitu Kapitan Pattimura mengangkat senjata untuk melawan Belanda pada tanggal 16 Mei 1817.space

0

Roboguru

Berikut bukan penyebab perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin Pattimura terhadap kolonial Hindia Belanda adalah ...

Pembahasan Soal:

Latar belakang perlawanan rakyat Maluku mengusir bangsa Belanda karena adanya praktik monopoli dan sistem pelayaran Hongi yang membuat rakyat sengsara. Belanda melaksanakan sistem penyerahan wajib sebagian hasil bumi terutama rempah- rempah kepada VOC. Kompeni juga melangsungkan sistem pelayaran Hongi (hongitochten). Dengan cara itu, para birokrat Kompeni dapat menginspeksi satu per satu pulau-pulau di Maluku yang bertujuan menjaga keberlangsungan monopoli rempah-rempah. Kompeni juga punya hak ekstirpasi, yaitu hak memusnahkan pohon pala dan cengkeh jika harganya turun.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved