Bu, di kelas kami ada seorang murid baru. Ridwan namanya. Dia berasal dari desa. Dia pendiam tak banyak omong. Penakut barangkali. Oleh karena itulah, Iping selalu menyindirnya, anak udik, anak tak becus, dan sebagainya. Tetapi Ridwan tak marah sedikit pun. Namum, di balik itu semua, dia cerdas sekali. Tadi, ketika ulangan matematika, dia mendapat nilai sepuluh. Bayangkan, Bu! Padahal, lainnya paling tinggi hanya mendapat tujuh. Termasuk Sigit yang biasanya mendapatkan nilai paling baik. Kali ini ada yang mengungguli, Bu! Sigit menunduk mengakhiri ceritanya. Amanat kutipan cerita tersebut adalah….

Pertanyaan

Bu, di kelas kami ada seorang murid baru. Ridwan namanya. Dia berasal dari desa. Dia pendiam tak banyak omong. Penakut barangkali. Oleh karena itulah, Iping selalu menyindirnya, anak udik, anak tak becus, dan sebagainya. Tetapi Ridwan tak marah sedikit pun. Namum, di balik itu semua, dia cerdas sekali. Tadi, ketika ulangan matematika, dia mendapat nilai sepuluh. Bayangkan, Bu! Padahal, lainnya paling tinggi hanya mendapat tujuh. Termasuk Sigit yang biasanya mendapatkan nilai paling baik. Kali ini ada yang mengungguli, Bu! Sigit menunduk mengakhiri ceritanya.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah….

  1. Jadilah sahabat yang baik bagi ibu!

  2. Jangan pernah berkata hebat tentang teman!

  3. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua!

  4. Jangan meremehkan orang lain!

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Amanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang lewat cerita, baik itu tersirat maupun tersurat. Amanat tersirat yang terdapat dalam cerpen tersebut ialah jangan meremehkan orang lain. Hal ini dibuktikan pada cerita bahwa Ridwan yang berasal dari desa dan selalu diremehkan teman-temannya karena pendiam ternyata seorang murid yang cerdas, bahkan mendapat nilai ulangan matematika tertinggi di kelas. Hal tersebut membuktikan bahwa kita tidak boleh meremehkan orang lain. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

173

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Amanat dalam cerpen disajikan secara tersirat dengan tujuan agar ....

813

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia