Roboguru

Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia. Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah ....

Pertanyaan

Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia. Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah .... 

Pembahasan Soal:

Dampak positif bioteknologi

  • Menghasilkan bibit yang unggul
  • Menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi
  • Mengatasi permasalahan pelestarian lingkungan
  • Mengatasi permasalahan genetik, dan lain-lain

Dampak negatif bioteknologi modern

  • Mengurangi plasma nutfah
  • Menghasilkan limbah dari sisa produk bioteknologi
  • Produknya dapat menimbulkan alergi bagi seseorang yang sensitif
  • Terganggunya keseimbangan ekosistem, dan lain-lain 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Zulaiha

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan masing-masing tujuh manfaat bioteknologi kovensional (alami) dan bioteknologi modern!

Pembahasan Soal:

Manfaat Bioteknologi Konvensional:

  1. Meningkatkan nilai gizi dari produk makanan dan minuman.
  2. Menciptakan sumber makanan baru, misalnya air kelapa menjadi nata de coco.
  3. Dapat membuat makanan lebih tahan lama, misalnya asinan.
  4. Biaya yang diperlukan lebih murah.
  5. Teknologi ini relatif sederhana, mudah dilakukan oleh siapapun
  6. Produknya tidak menyebabkan reaksi alergi.
  7. Tidak memiliki dampak negatif jangka panjang.

Manfaat Bioteknologi Modern:

  1. Di bidang pertanian dan peternakan, bioteknologi modern dapat menciptakan bibit unggul yang akan memberikan produk bermutu tinggi secara kualitas dan kuantitas, meningkatnya sifat resistensi tanaman terhadap hama dan penyakit tanaman.
  2. Di bidang Lingkungan dan pelestarian, bioteknologi modern dapat mengatasi masalah pelestarian spesies langka dan hampir punah. Dengan teknologi transplantasi nukleus, hewan / tumbuhan langka bisa dilestarikan.
  3. Di bidang kesehatan, mampu menciptakan produk obat untuk penyakit. Seperti penyakit kelainan genetis dengan terapi gen, hormon insulin, antibiotik, antibodi monoklonal, dan vaksin.
  4. Di bidang industri, Bioteknologi modern dapat menciptakan pemberantas hama secara biologis (seperti Bacillus thuringensis) dan tanaman tahan hama yang dalam tubuhnya disisipkan gen bakteri.
  5. Di bidang pertambangan, bioteknologi modern dapat  digunakan untuk pengolahan biji besi membantu manusia mengatasi masalah sumber daya energi.
  6. Memproduksi hasil dalam jumlah yang lebih banyak.
  7. Ada proses sterilisasi yang terlibat di dalam proses bioteknologi modern. undefined  

0

Roboguru

Sebutkan manfaat dari bioteknologi!

Pembahasan Soal:

Bioteknologi merupakan penerapan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan dalam pengolahan bahan yang memanfaatkan mikroorganisme untuk menghasilkan suatu produk maupun jasa yang bermanfaat bagi manusia. Bioteknologi memiliki manfaat di berbagai bidang seperti bidang pangan, bidang lingkungan, bidang kesehatan dan bidang pertanian.

  1. Bidang pangan, mikroorganisme dapat dimanfaatkan untuk membuat produk makanan/minuman melalui proses fermentasi. Fermentasi merupakan proses pemecahan bahan organik kompleks menjadi bahan organik yang lebih sederhana oleh mikroorganisme. Contohnya adalah tempe yang dihasilkan dari proses fermentasi kedelai oleh Rhizopus oryzae. Yogurt dihasilkan dari fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.
  2. Bidang lingkungan, bioteknologi berperan sebagai agen biologi yang dapat mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan. Contohnya Thiobacillus ferrooxidans dimanfaatkan untuk memisahkan logam dari bijihnya, Methanobacterium dimanfaatkan untuk mengurakan limbah organik menjadi metana, karbon dioksida dan hidrogen. Selain itu Methanobacterium dapat dimanfaatkan sebagai biogas.
  3. Bidang kesehatan, bioteknologi diterapkan pada pembuatan antibiotik, vaksin, memproduksi hormon insulin. Jamur Penicillium notatum dapat menghasilkan antibiotik penisilin. Bakteri Streptomyces griseus dapat menghasilkan antibiotik penisilin dan sefalosporin. Bioteknologi modern dengan teknik DNA rekombinan juga mampu menghasilkan hormon insulin.
  4. Bidang pertanian, bioteknologi mampu menghasilkan organisme transgenik misalnya tanaman transgenik yang tahan terhadap hama tertentu. Kultur jaringan berperan dalam menghasilkan bibit unggul dalam jumlah yang banyak. undefined 

0

Roboguru

Apakah manfaat dari bioteknologi ?

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan makhluk hidup baik sebagian atau keseluruhan untuk mengasilkan barang atau jasa. Makhluk hidup yang dipakai dalam bioteknologi disebut sebagai agen bioteknologi. Penggunaan bioteknologi memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Manfaat penggunaan bioteknologi dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut.

Bidang kesehatan

  • Menghasilkan obat-obatan yang lebih efektif dan murah. Salah satu contohnya pembuatan hormon insulin dari isolasi gen Bakteri E. coli.
  • Menghasilkan antibiotik dan vaksin untuk membunuh penyakit yang berbahaya.

Bidang lingkungan

  • Bioteknologi berperan sebagai agen biologi yang dapat mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan. Contohnya Thiobacillus ferrooxidans dimanfaatkan untuk memisahkan logam dari bijihnya, Methanobacterium dimanfaatkan untuk mengurakan limbah organik menjadi metana, karbon dioksida dan hidrogen. Selain itu Methanobacterium dapat dimanfaatkan sebagai biogas.

Bidang Pertanian

  • Meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenik karena tanaman ini memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim dan tidak mudah diserang oleh hama.
  • Kultur jaringan berperan dalam menghasilkan bibit unggul dalam jumlah yang banyak. 

Bidang pangan

  • Meningkatkan nilai gizi dari produk makanan dan minuman.
  • Menciptakan sumber makanan baru, misalnya air kelapa menjadi nata de coco.
  • Dapat membuat makanan lebih tahan lama, misalnya asinan.

0

Roboguru

Berikut ini merupakan manfaat bioteknologi dalam bidang industri makanan, kesehatan, dan pertanian adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Peran bioteknologi di berbagai bidang dalam bidang pangan berupa pembuatan yakult dari susu murni segar yang difermentasi oleh Lactobacillus casei. 

Bidang kesehatan dengan pembuatan vaksin. Vaksin itu sendiri telah mengalami berbagai perkembangan sejak ditemukan pertama kali tahun 1796. Dengan cara bioteknologi konvensional, vaksin dibuat dari virus yang telah dilemahkan. Sedangkan pada bioteknologi modern, dikembangkan menggunakan virus yang direkayasa genetik. 

Bidang Pertanian dengan cara kultur jaringan yaitu perbanyakan tumbuhan dengan mengisolasi salah satu organ tumbuhan kemudian ditumbuhkan pada media aseptis (steril).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan dan berikan contoh bioteknologi pangan, pertanian, peternakan, kesehatan, lingkungan, dan forensik!

Pembahasan Soal:

Perananan bioteknologi dalam kehidupan.space 

  1. Bidang Panganundefined 
    Penerapan bioteknologi dalam bidang pangan sudah sering ditemukan dari makanan yang kita konsumsi. Sebagian besar makanan yang sering dikonsumsi diproduksi menggunakan jasa suatu mikroorganisme. Melalui proses fermentasi, bahan makanan tertentu diubah menjadi makanan bentuk lain sehingga cita rasanya lebih enak dan menarik serta mengandung nilai gizi yang lebih tinggi. Pada awalnya, proses fermentasi bahan-bahan makanan dilakukan secara tradisional. Namun, kini prosesnya dilakukan secara ilmiah dengan menggunakan teknologi mutakhir sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan lebih beraneka ragam. Contoh bioteknologi dalam bidang pangan adalah beras ketan dan singkong diubah menjadi tapai dengan bantuan mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae, kedelai menjadi tempe atau kecap dengan bantuan mikroorganisme Rhizopus oryzae, dan air kelapa menjadi sari kelapa (nata de coco) dengan bantuan mikroorganisme Acetobacter xylinum.undefined 
  2. Bidang Pertanianundefined 
    Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dalam percepatan produksi benih, perbaikan sifat-sifat tanaman, hingga menghasilkan jenis tanaman baru. Semua itu bisa dihasilkan dengan cara rekayasa genetika dan kultur jaringan. Organisme yang telah direkayasa genetikanya sering disebut dengan Genetic Modified Organism (GMO). Contoh bioteknologi dalam bidang pertanian yang berupa tanaman GMO yang ada di sekitar kita diantaranya adalah jagung manis, pepaya California, dan Golden rice.undefined 
  3. Bidang Peternakanundefined 
    Pengembangan bioteknologi di bidang peternakan telah menghasilkan vaksin, antibodi, dan hermon. Hermon pertumbuhan BGH (bovine growth hormone) yang dihasilkan dari bakteri Escherichia coli yang telah direkayasa genetiknya, ternyata mampu merangsang pertumbuhan hewan ternak sehingga produksi daging dan susu dapat ditingkatkan. Sementara itu, hermon EGF (epidermal growth factor) adalah hermon yang mempercepat pertumbuhan rambut domba penghasil wol. Jika diberikan penambahan dosis EGF, domba altan memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat, helaian rambut lebih tipis, dan akan rontok dengan sendirinya, artinya tidak diperlukan pencukuran secara manual.undefined 
  4. Bidang Kesehatanundefined 
    Dalam bidang kesehatan dan kedokteran tentu tidak bisa lepas dari perkembangan bioteknologi. Konsep bioteknologi sering digunakan dalam pembuatan vaksin, antibiotik, hormon hingga teknologi untuk pengobatan. Misalnya pada aplikasi transplantasi organ, terapi hormon, dan pembuatan vaksin.undefined 
  5. Bidang Lingkunganundefined 
    Bioteknologi berperan penting sebagai agen biologis yang dapat mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan, seperti pencemaran lingkungan oleh limbah, sampah, dan lain sebagainya. Selain pencemaran lingkungan, bioteknologi juga digunakan sebagai biokontrol dan sebagai biofertilizer untuk meningkatkan tingkat kesuburan tanah di area pertanian.undefined 
  6. Bidang Forensikundefined 
    Forensik adalah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses penegakan hukum melalui proses penerapan ilmu bioteknologi atau sains. Salah satu contoh penerapan bioteknologi dalam bidang forensik adalah DNA fingerprint yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan pada struktur DNA-nya.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved