Pertanyaan

Berilah contoh hubungan simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme!

Berilah contoh hubungan simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme! 

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme merupakan jenis interaksi antarmakhluk hidup. Pengertian simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme adalah : Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling bersifat menguntungkan satu sama lain. Contoh simbiosis mutualisme adalah antara lebah dan bunga. Keduanya mendapatkan manfaat dari interaksi ini. Lebah mendapatkan madu dari bunga dan bunga juga mendapatkan keuntungan dari lebah, yaitu dengan dibantunya proses penyerbukan. Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan hubungan antara dua organismeberbeda jenis yang menguntungkan salah satu organisme, sedangkan organisme lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme yaitu antara ikan remora dengan hiu. Ikan remora memiliki alat penghisap sehingga dapat menempel pada tubuh hiu. Ikan remora memanfaatkan remah-remah sisa makanan dari hiu. Hal tersebut menguntungkan ikan remora karena dapat terhindar dari predator. Sementara itu, kehadiran ikan remora tidak merugikan atau menguntungkan ikan hiu. Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah sapi dan cacing pita. Cacing pita yang hidup di dalam tubuh sapi akan menyerap makanan dari sapi sehingga kesehatan sapi menurun dan mudah terkena penyakit.

Simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme merupakan jenis interaksi antarmakhluk hidup. Pengertian simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme adalah :

  1. Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis namun saling bersifat menguntungkan satu sama lain. Contoh simbiosis mutualisme adalah antara lebah dan bunga. Keduanya mendapatkan manfaat dari interaksi ini. Lebah mendapatkan madu dari bunga dan bunga juga mendapatkan keuntungan dari lebah, yaitu dengan dibantunya proses penyerbukan.
  2. Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang menguntungkan salah satu organisme, sedangkan organisme lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme yaitu antara ikan remora dengan hiu. Ikan remora memiliki alat penghisap sehingga dapat menempel pada tubuh hiu. Ikan remora memanfaatkan remah-remah sisa makanan dari hiu. Hal tersebut menguntungkan ikan remora karena dapat terhindar dari predator. Sementara itu, kehadiran ikan remora tidak merugikan atau menguntungkan ikan hiu.
  3. Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara dua organisme berbeda jenis yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah sapi dan cacing pita. Cacing pita yang hidup di dalam tubuh sapi akan menyerap makanan dari sapi sehingga kesehatan sapi menurun dan mudah terkena penyakit.

138

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel hasil pengamatan pola interaksi makhluk hidup berikut! Berdasarkan tabel, tentukan jenis interaksi tersebut!

122

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia