Roboguru

Apa yang dimaksud dengan simbiosis? Jelaskan macam-macamnya!

Apa yang dimaksud dengan simbiosis? Jelaskan macam-macamnya!undefined 

Jawaban:

Simbiosis adalah interaksi yang terjadi antara dua organisme yang berbeda. Simbiosis dapat dibagi menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasistisme.

  1. Simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Contohnya adalah tanaman bunga dengan hewan penyerbuk, burung jalak dengan kerbau, dan manusia dengan bakteri usus.
  2. Simbiosis komensalisme. Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua organisme, yang mana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah ikan remora dengan ikan hiu, ikan putzerlip dengan hewan karang, dan tumbuhan epifit dengan inangnya.
  3. Simbiosis parasitisme. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda jenis di mana salah satu pihak mendapat keuntungan, sedangkan pihak lain mendapat kerugian. Contohnya adalah benalu dan tali putri pada ranting pohon, serta cacing atau bakteri yang hidup sebagai parasit pada tubuh hewan dan manusia.
  4. Simbiosis amensalisme. Amensalisme adalah interaksi organisme di mana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Contohnya adalah beberapa jenis fungi menghasilkan zat antibiotik yang dapat menghambat dan membunuh mikroorganisme lainnya.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved