Roboguru

Tentukan jenis interaksi dalam ekosistem yang terjadi pada: pohon dengan benalu ikan hiu dengan remora (ikan kecil) harimau dengan rusa kerbau dengan burung jalak virus corona dengan manusia k

Tentukan jenis interaksi dalam ekosistem yang terjadi pada:

  1. pohon dengan benalu
  2. ikan hiu dengan remora (ikan kecil)
  3. harimau dengan rusa
  4. kerbau dengan burung jalak
  5. virus corona dengan manusia
  6. kambing dengan kupu-kupuundefined 

Jawaban:

Pohon dengan benalu memiliki simbiosis parasitisme. Pohon yang ditempeli oleh benalu dirugikan karena nutrisi yang dibuat diambil untuk digunakan oleh benalu sendiri.

Ikan hiu dan remora memiliki simbiosis komensalisme. Remora umumnya berenang dekat permukaan ventral ikan hiu yang dekat dengan ekor, untuk mendapatkan perlindungan dari predator yang lain. Namun, ikan hiu tidak mendapat keuntungan maupun kerugian dengan keberadaan remora di dekatnya.

Harimau dan rusa memiliki simbiosis predasi. Harimau, sebagai hewan karnivora, memangsa rusa, sehingga rusa harus waspada sebagai mangsa.

Kerbau dan burung jalak memiliki simbiosis mutualisme. Burung jalak hinggap pada punggung kerbau untuk memangsa serangga-serangga kecil dan parasit yang ada pada kerbau. Dengan perlakuan ini, kerbau mendapat keuntungan berupa bebas dari serangga dan parasit.

Virus corona dan manusia memiliki simbiosis parasitisme. Virus corona merupakan parasit obligat, dengan sel mukosa pernapasan sebagai targetnya. Virus corona memerlukan sel tersebut untuk bereplikasi. Manusia yang terinfeksi virus ini mengalami berbagai gejala hingga menimbulkan kematian.

Kambing dan kupu-kupu memiliki simbiosis netral. Kambing merupakan herbivora yang memakan rerumputan. Kupu-kupu merupakan serangga yang banyak berperan sebagai polinator, dan memakan nektar.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved