Roboguru

Berikut yang tidak termasuk pelaku pengelolaan limbah adalah ....

Pertanyaan

Berikut yang tidak termasuk pelaku pengelolaan limbah adalah ....space 

  1. Pengumpul space 

  2. Penghasil space 

  3. Pengangkut space 

  4. Pemanfaatan space 

  5. Masyarakat disekitar industri space 

Pembahasan Soal:

Dalam pengelolaan limbah, termasuk limbah B3 terdapat pelaku pengelolaan limbah tersebut. Pelaku pengelolaan limbah tersebut diantaranya ialah: 

  1. Penghasil limbah
  2. Pengumpul limbah 
  3. Pengangkut limbah 
  4. Pengolah limbah 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Espace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

O. Khumairah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Limbah medis yang berasal dari rumah sakit dikategorikan sebagai limbah bahan beracun berbahaya (B3) sehingga dalam membuang limbah tersebut tidak bisa sembarangan. Bagaimana cara membuang limbah medi...

Pembahasan Soal:

Pengelolaan limbah B3 yang berasal dari rumah sakit dan penangannannya yaitu:

  1. Limbah radioaktif, dapat ditangani dengan disimpan untuk menunggu waktu paruhnya telah habis dan disingkirkan sebagai limbah non-radioaktif biasa.
  2. Limbah umum dan limbah berpotensi menularkan penyakit (infectious); seperti sisa makanan dari bagian penyakit menular perlu di sterilisasi menggunakan autoclave terlebih dahulu sebelum dibuang ke landfill. Selain itu juga dikemas dalam kemasan yang dapat melindungi petugas dari bahaya tertusuk, sebelum dibakar dalam insinerator.
  3. Limbah kimiawi, dengan menggunakan solven (pelarut) dan Insinerator .
  4. Limbah farmasi, jika sudah lewat masa kadaluwarsanya ditangani secara khusus misalnya diinsinerasi atau di landfilling atau dikembalikan ke pemasok.  undefined 

0

Roboguru

Apa yang akan kalian lakukan terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa?

Pembahasan Soal:

Obat kadaluarsa adalah obat yang telah mengalami perubahan komponen kimiawi dan membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi. Obat kadaluarsa merupakan salah satu bahan yang dapat mencemari lingkungan apabila dibuang dengan prosedur yang tidak tepat. Beberapa hal yang dapat dilakukan terhadap obat kadaluarsa adalah :

  1. Mengembalikan obat kadaluarsa ke apotek. Membuang obat kadaluarsa secara sembarangan ke lingkungan dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Obat kadaluarsa berpotensi menjadi racun apabila masuk ke dalam slauran air dan dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri.
  2. Membaca label obat dan jika terdapat cara pembuangan khusus yang tertera maka dapat diikuti.
  3. Memisahkan obat yang sudah kadaluarsa dari kemasan atau plastik obat.
  4. Tidak menghancurkan obat yang berbentuk tablet atau kapsul, melainkan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang dapat menyerap obat seperti kopi, tanah, atau kotoran kucing.
  5. Menempatkan obat yang akan dibuang ke dalam kantong plastik tertutup agar tidak disalahgunakan. Infomarsi yang menempel pada kemasan obat juga harus dilepas.undefined 

0

Roboguru

Anda diberi kepercayaan untuk melakukan suatu kegiatan praktikum yang ternyata menghasilkan limbah yang berbahaya. Apa yang akan Anda lakukan untuk menangani limbah berbahaya tersebut?

Pembahasan Soal:

Limbah merupakan bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan. Kegiatan praktikum  yang dilakukan di laboratorium akan menghasilkan limbah. Limbah laboratorium banyak  jenisnya tergantung dari kegiatan praktikum yang dilakukan dan jenis zat kimia yang digunakan. Jenis  limbah  satu  dengan  jenis  limbah  lainnya memerlukan penanganan yang berbeda untuk membuangnya. Saat praktikum beberapa hal yang perlu diperhatikan saat penggunaan zat kimia seperti simpan zat-zat kimia di tempat yang sesuai, jangan membuang sisa  zat-zat kimia ke wastafel, pindahkan zat-zat kimia sisa  tersebut  ke botol-botol atau  jerigen  khusus  untuk zat-zat sisa yang tersedia di laboratorium. Limbah cair dari pabrik sebaiknya disaring, diencerkan, diendapkan dan dinetralkan dulu sebelum dibuang ke lingkungan.

Jadi, untuk menangani limbah berbahaya hasil praktikum yaitu pindahkan zat-zat kimia sisa ke botol-botol khusus atau jerigen khusus limbah sisa. Kemudian dapat diendapkan dan dinetralkan sebelum dibuang ke lingkungan. space 

0

Roboguru

Tindakan tidak bijaksana dalam penanganan limbah B3 adalah ….

Pembahasan Soal:

Setiap orang yang melakukan usaha atau kegiatan yang menggunakan serta menghasilkan limbah B3 memiliki kewajiban mengelola limbah, yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan reduksi, mengolah, dan menimbun limbah B3.
  • Apabila hasil pengolahan limbah menghasilkan limbah yang bermanfaat, limbah tersebut dapat dimanfaatkan sendiri atau diserahkan ke pihak pemanfaat limbah B3.
  • Mengelola limbah B3 sesuai dengan teknologi yang ada, dan jika tidak mampu, limbah B3 diekspor ke negara lain yang memiliki teknologi tersebut.
  • Memiliki izin pengelolaan limbah B3 sesuai dengan jenis pengelolaannya.
  • Menyimpan limbah B3 paling lama 90 hari bagi limbah yang volumenya kurang dari 50 kg per hari. Penyimpanan ini dilakukan setelah pemilik industri mendapat persetujuan dari Bapedal (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan).

Sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Penanganan limbah sering mendapatkan kesulitan, sebab ....

Pembahasan Soal:

Penanganan limbah sering mendapatkan kesulitan, sebab tempat pembuangan terakhir terbatas. Tempat Pembuangan Akhir ( TPA) merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk membuang sampah yang sudah menacapai tahap akhir dalam pengelolaan sampah yang dimulai dari pertamakali sampah dihasilkan, dikumpulkan, diangkut , dikelola dan dibuang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved