Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang akan kalian lakukan terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa?

Apa yang akan kalian lakukan terhadap obat-obatan yang sudah kadaluarsa? 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Obat kadaluarsa adalah obat yang telah mengalami perubahan komponen kimiawi dan membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi. Obat kadaluarsa merupakan salah satu bahan yang dapat mencemari lingkungan apabila dibuang dengan prosedur yang tidak tepat. Beberapa hal yang dapat dilakukan terhadap obat kadaluarsa adalah : Mengembalikan obat kadaluarsa ke apotek. Membuang obat kadaluarsa secara sembarangan ke lingkungan dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Obat kadaluarsa berpotensi menjadi racun apabila masuk ke dalam slauran air dan dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Membaca label obat dan jika terdapat cara pembuangan khusus yang tertera maka dapat diikuti. Memisahkan obat yang sudah kadaluarsa dari kemasan atau plastik obat. Tidak menghancurkan obat yang berbentuk tablet atau kapsul, melainkan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang dapat menyerap obat seperti kopi, tanah, atau kotoran kucing. Menempatkan obat yang akan dibuang ke dalam kantong plastik tertutup agar tidak disalahgunakan. Infomarsi yang menempel pada kemasan obat juga harus dilepas.

Obat kadaluarsa adalah obat yang telah mengalami perubahan komponen kimiawi dan membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi. Obat kadaluarsa merupakan salah satu bahan yang dapat mencemari lingkungan apabila dibuang dengan prosedur yang tidak tepat. Beberapa hal yang dapat dilakukan terhadap obat kadaluarsa adalah :

  1. Mengembalikan obat kadaluarsa ke apotek. Membuang obat kadaluarsa secara sembarangan ke lingkungan dapat berdampak buruk bagi lingkungan. Obat kadaluarsa berpotensi menjadi racun apabila masuk ke dalam slauran air dan dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri.
  2. Membaca label obat dan jika terdapat cara pembuangan khusus yang tertera maka dapat diikuti.
  3. Memisahkan obat yang sudah kadaluarsa dari kemasan atau plastik obat.
  4. Tidak menghancurkan obat yang berbentuk tablet atau kapsul, melainkan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang dapat menyerap obat seperti kopi, tanah, atau kotoran kucing.
  5. Menempatkan obat yang akan dibuang ke dalam kantong plastik tertutup agar tidak disalahgunakan. Infomarsi yang menempel pada kemasan obat juga harus dilepas.undefined 

Latihan Bab

Konsep Kilat

Keseimbangan dan Perubahan Lingkungan Hidup

Pencemaran Air

Pencemaran Tanah

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Limbah medis yang berasal dari rumah sakit dikategorikan sebagai limbah bahan beracun berbahaya (B3) sehingga dalam membuang limbah tersebut tidak bisa sembarangan. Bagaimana cara membuang limbah medi...

75

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia