Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan drama berikut ini dengan saksama!


Tabib: "Mohon maaf, yang mulia tuan putri. Apakah gerangan yang membuat yang mulia memanggil hamba ke istana?"

Selir: "Wahai tabib, aku begitu menginginkan posisi seorang permaisuri. Aku sudah penat dan bosan selama ini menjadi selir raja. Maka dari itu, aku bermaksud ingin melenyapkan permaisuri itu dari istana! Aku hendak berpura-pura sakit dan aku ingin agar konspirasi ini ditujukan kepada permaisuri. Aku ingin membuat semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni aku sehingga aku sakit. Kau tabib, harus turut membantu melancarkan rencanaku. Kau paham?"

Dikutip dari naskah drama "Cindelaras" dalam http://aliyakeisha.Blogspot.Co.Id /2014/01/naskah-drama-cindelaras.Html#ixzz43mwoetrk, dengan pengubahanundefined

Berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh ....

Berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh ....

  1. protagonisundefined

  2. antagonisundefined

  3. statisundefined

  4. berkembangundefined

  5. figuranundefined

Iklan

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.undefined

Iklan

Pembahasan

Tokoh adalah pelaku yang terlibat memerankan karakter dalam jalan cerita. Kehadirannya ada yang selalu muncul dalam setiap dialog, namun ada yang hanya pendamping. Kehadiran tokoh juga memiliki beragam watak yang bisa dilihat dari perkataan, tingkah laku, pemikiran, dan sebagainya. Ada tiga macam tokoh yaitu: Protagonis, tokoh yang menampilkan kebaikan Antagonis , tokoh yang jahat dan penentang kebaikan Tritagonis, tokoh yang mendukung protagonis Berdasarkan kutipan drama di soal, hal yang perlu dicermati adalah: Selir: " ... aku bermaksud ingin melenyapkan permaisuri itu dari istana! Aku hendak berpura-pura sakit dan aku ingin agar konspirasi ini ditujukan kepada permaisuri. Aku ingin membuat semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni aku sehingga aku sakit. Berdasarkan kutipan tersebut, tokoh Selir memiliki rencana ingin melenyapkan permaisuri. Upaya selir itu adalah membuat konspirasi agar semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni selir itu. Perbuatan selir itu menandakan wataknya sangat jahat dan menyimpang dari kebaikan. Dengan demikian, berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh antagonis . Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Tokoh adalah pelaku yang terlibat memerankan karakter dalam jalan cerita. Kehadirannya ada yang selalu muncul dalam setiap dialog, namun ada yang hanya pendamping. Kehadiran tokoh juga memiliki beragam watak yang bisa dilihat dari perkataan, tingkah laku, pemikiran, dan sebagainya. Ada tiga macam tokoh yaitu:

  1. Protagonis, tokoh yang menampilkan kebaikan
  2. Antagonis, tokoh yang jahat dan penentang kebaikan
  3. Tritagonis, tokoh yang mendukung protagonis

Berdasarkan kutipan drama di soal, hal yang perlu dicermati adalah:
Selir: " ... aku bermaksud ingin melenyapkan permaisuri itu dari istana! Aku hendak berpura-pura sakit dan aku ingin agar konspirasi ini ditujukan kepada permaisuri. Aku ingin membuat semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni aku sehingga aku sakit.

Berdasarkan kutipan tersebut, tokoh Selir memiliki rencana ingin melenyapkan permaisuri. Upaya selir itu adalah membuat konspirasi agar semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni selir itu. Perbuatan selir itu menandakan wataknya sangat jahat dan menyimpang dari kebaikan.
Dengan demikian, berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh antagonis.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.undefined

Latihan Bab

Mengenal Drama

Bentuk Drama

Unsur Intrinsik Drama

Elemen Drama

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

268

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perempuan tua : "Sabarlah, ia masih sakit" Satilawati : "Betul ia sakit? Sakit turunan?" Perempuan tua : "Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili" Satilawati : "Nenek!" Perempu...

72

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia