Pertanyaan

Sebelum berbicara pikir dahulu

Agar tidak melukai hati temanmu
 

Kalau berbicara semaumu

Tentulah banyak orang yang membencimuspace 

Berdasarkan pemahaman terhadap struktur dan kebahasaan pada pantun, syair, dan gurindam, telaah atau analisislah contoh puisi rakyat tersebut!

Berdasarkan pemahaman terhadap struktur dan kebahasaan pada pantun, syair, dan gurindam, telaah atau analisislah contoh puisi rakyat tersebut!space 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gurindam di atas memilki dua bait yang masing-masing bait terdiri dari dua larik (baris). Larik pertama merupakan larik syarat dan larik kedua merupakan larik isi. Gurindam di atas menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat berisi nasihatsehingga makna gurindam di atas adalah jika mau bicara harus dipikir terlebih dahulu agar tidak menyakiti hati orang lain, apabila sembarangan berbicara maka akan banyak orang yang tidak suka.

gurindam di atas memilki dua bait yang masing-masing bait terdiri dari dua larik (baris). Larik pertama merupakan larik syarat dan larik kedua merupakan larik isi. Gurindam di atas menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat berisi nasihat sehingga makna gurindam di atas adalah jika mau bicara harus dipikir terlebih dahulu agar tidak menyakiti hati orang lain, apabila sembarangan berbicara maka akan banyak orang yang tidak suka.space 

Pembahasan

Gurindam adalahsajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat dan memiliki hubungan sebab-akibat.Struktur penyajian gurindam terdiri dari dua larik, yaitu larik syarat dan larik isiyang berhubungan. Larik pertama merupakan syarat untuk mendapatkan larik dua yang merupakanisi. Adapun kaidah kebahasaan gurindam sebagai berikut: Menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat. Berisi nasihat yang disampaikan oleh syarat dan dampak yang akan diberikan. Setiap pasang larik merupakan kalimat majemuk. Dengan demikian, gurindam di atas memilki dua bait yang masing-masing bait terdiri dari dua larik (baris). Larik pertama merupakan larik syarat dan larik kedua merupakan larik isi. Gurindam di atas menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat berisi nasihatsehingga makna gurindam di atas adalah jika mau bicara harus dipikir terlebih dahulu agar tidak menyakiti hati orang lain, apabila sembarangan berbicara maka akan banyak orang yang tidak suka.

Gurindam adalah sajak dua baris yang mengandung petuah atau nasihat dan memiliki hubungan sebab-akibat. Struktur penyajian gurindam terdiri dari dua larik, yaitu larik syarat dan larik isi yang berhubungan. Larik pertama merupakan syarat untuk mendapatkan larik dua yang merupakan isi. Adapun kaidah kebahasaan gurindam sebagai berikut:

  1. Menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat.
  2. Berisi nasihat yang disampaikan oleh syarat dan dampak yang akan diberikan.
  3. Setiap pasang larik merupakan kalimat majemuk.

Dengan demikian, gurindam di atas memilki dua bait yang masing-masing bait terdiri dari dua larik (baris). Larik pertama merupakan larik syarat dan larik kedua merupakan larik isi. Gurindam di atas menggunakan kalimat dengan pola hubungan syarat berisi nasihat sehingga makna gurindam di atas adalah jika mau bicara harus dipikir terlebih dahulu agar tidak menyakiti hati orang lain, apabila sembarangan berbicara maka akan banyak orang yang tidak suka.space 

149

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan pemahaman terhadap struktur dan kebahasaan pada pantun, syair, dan gurindam, telaah atau analisislah contoh puisi rakyat tersebut!

138

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia