Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beberapa kondisi sosial : (1) Besarnya jumlah penduduk di Indonesia. (2) Perbedaan kekayaan sumber daya alam. (3) Isolasi geogradis karena bentuk wilayah. (4) Iklim dan struktur tanah yang berbeda. (5) Letak geografis di posisi silang dunia. Latar belakang terbentuknya masyarakat majemuk di Indonesia adalah ....

Beberapa kondisi sosial :

(1) Besarnya jumlah penduduk di Indonesia.

(2) Perbedaan kekayaan sumber daya alam.

(3) Isolasi geogradis karena bentuk wilayah.

(4) Iklim dan struktur tanah yang berbeda.

(5) Letak geografis di posisi silang dunia.

Latar belakang terbentuknya masyarakat majemuk di Indonesia adalah ....space space 

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beranekaragam perbedaan-perbedaan seperti agama, ras, dan suku bangsa sehingga indonesia disebut masyarakat majemuk. Berdasarkan soal yang termasuk dalam faktor penyebab Indonesia memiliki suku bangsa yang majemuk yaitu: Isolasi geografis karena bentuk wilayah : Bentuk kepulauan yang terpisah dan memiliki kondisi topografi berbeda menjadikan keragamanbudaya masyarakat. Masyarakat yang tinggal di pulau berbeda membentuk bahasa dan kebudayaan sendiri. Iklim dan struktur tanah : Sruktur tanah dan iklim cuaca menyebabkan munculnya berbagai jenis mata pencaharian dan ras yang berbeda-beda. Letak geografis di posisi silang dunia : Letak strategis indonesia tersebut menjadikan banyak negara-negara lain datang dan singgah di Indonesia sehingga membawa pengaruh dan mengembangkan budayanya. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beranekaragam perbedaan-perbedaan seperti agama, ras, dan suku bangsa sehingga indonesia disebut masyarakat majemuk. Berdasarkan soal yang termasuk dalam faktor penyebab Indonesia memiliki suku bangsa yang majemuk yaitu:

  • Isolasi geografis karena bentuk wilayah :  Bentuk kepulauan yang terpisah dan memiliki kondisi topografi berbeda menjadikan keragaman budaya masyarakat. Masyarakat yang tinggal di pulau berbeda membentuk bahasa dan kebudayaan sendiri.
  • Iklim dan struktur tanah : Sruktur tanah dan iklim cuaca menyebabkan munculnya berbagai jenis mata pencaharian dan ras yang berbeda-beda.
  • Letak geografis di posisi silang dunia : Letak strategis indonesia tersebut menjadikan banyak negara-negara lain datang dan singgah di Indonesia sehingga membawa pengaruh dan mengembangkan budayanya.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

60

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keragaman masyarakat di Indonesia ditandai dengan perbedaan jenis mata pencaharian seperti sebagai petani, peladang, dan berkebun. Faktor penyebab perbedaan tersebut adalah ....

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia