Iklan

Iklan

Pertanyaan

Banyak ungkapan dalam dunia politik. Ungkapan itu dipergunakan untuk mewarnai atau memberi label. Salah satu ungkapan yang masih sangat dikenal umum adalah politik sebagai panglima. Ungkapan ini memiliki konotasi yang negatif. Bahkan, ungkapan tersebut memiliki potensi menakutkan masyarakat. Konon, dahulu ungkapan itu mengandung ancaman, khususnya bagi pihak yang tidak sepaham dalam ideologi politik. Pernyataan berikut yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ....

Banyak ungkapan dalam dunia politik. Ungkapan itu dipergunakan untuk mewarnai atau memberi label. Salah satu ungkapan yang masih sangat dikenal umum adalah politik sebagai panglima. Ungkapan ini memiliki konotasi yang negatif. Bahkan, ungkapan tersebut memiliki potensi menakutkan masyarakat. Konon, dahulu ungkapan itu mengandung ancaman, khususnya bagi pihak yang tidak sepaham dalam ideologi politik.

 

Pernyataan berikut yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ....

  1. Ungkapan politik sebagai panglima berkembang pada masa silam.

  2. Setiap politik memiliki label yang berbeda-beda.

  3. Ungkapan dalam dunia politik sering membuat masyarakat takut.

  4. Setiap insan memperoleh ancaman dalam masalah politik.

  5. Ketidaksepahaman ideologi politik terjadi di masyarakat.

Iklan

M. Irfan

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan yang sesuai membutuhkan pemahaman menyeluruh atas isi bacaan. Langkah pertama: menentukan kata kunci di setiap opsi Kata kunci yang ditentukan haruslah berupa kata/frasa yang unik, berbeda dengan opsi lain, dan dianggap inti oleh pernyataan dalam opsi. Sebagai contoh, kata kunci dalam opsi A adalah panglima, kata kunci dalam opsi B adalah label, kata kunci dalam opsi C adalah takut, kata kunci dalam opsi D adalah ancaman, dan kata kunci dalam opsi E adalah ketidaksepahaman. Langkah kedua: memindai kata kunci dalam teks dan memahami informasinya Berdasarkan kata kunci yang telah kita tentukan dalam langkah pertama, berikut adalah analisis setiap opsi. Opsi A adalah jawaban yang tepat. Kata kunci panglima muncul di kalimat (3). Pernyataan „ungkapan politik sebagai panglima berkembang pada masa silam“ sesuai dengan kalimat (3) yang diperjelas oleh kalimat (6), yaitu konon dahulu ungkapan itu mengandung ancaman. Kata dahulu memberikan makna bahwa ungkapan tersebut berkembang pada masa silam (dahulu). Opsi B tidak tepat. Kata kunci dalam opsi ini ditemukan dalam kalimat (2) bahwa Ungkapan itu dipergunakan untuk mewarnai atau memberi label. Kata itu mengacu pada kalimat (1), yaitu banyak ungkapan dalam dunia politik . Dengan demikian, yang memiliki label adalah dunia politik, bukan politik itu sendiri. Opsi C tidak tepat. Kata kunci opsi C ditemukan dalam kalimat (5). Kata tersebut dalam kalimat ini mengacu pada ungkapan “politik adalah panglima“. Jadi, yang menakutkan masyarakat adalah ungkapan yang sedang dibahas, bukan semua ungkapan seperti yang dinyatakan dalam opsi C. Opsi D tidak tepat. Kata kunci dalam opsi ini ditemukan dalam kalimat (6). Dalam kalimat ini terdapat informasi bagi pihak yang tidak sepaham dalam ideologi politik. Hal ini menunjukkan bahwa yang mendapatkan ancaman bukanlah setiap insan seperti yang tercantum dalam opsi D. Opsi E tidak tepat. Kata kunci tidak ada dalam teks. Paragrafnya pun tidak membahas ketidaksepahaman ideologi politik yang terjadi di masyarakat .

Pernyataan yang sesuai membutuhkan pemahaman menyeluruh atas isi bacaan.

Langkah pertama: menentukan kata kunci di setiap opsi

Kata kunci yang ditentukan haruslah berupa kata/frasa yang unik, berbeda dengan opsi lain, dan dianggap inti oleh pernyataan dalam opsi. Sebagai contoh, kata kunci dalam opsi A adalah panglima, kata kunci dalam opsi B adalah label, kata kunci dalam opsi C adalah takut, kata kunci dalam opsi D adalah ancaman, dan kata kunci dalam opsi E adalah ketidaksepahaman.

Langkah kedua: memindai kata kunci dalam teks dan memahami informasinya

Berdasarkan kata kunci yang telah kita tentukan dalam langkah pertama, berikut adalah analisis setiap opsi.

  • Opsi A adalah jawaban yang tepat. Kata kunci panglima muncul di kalimat (3). Pernyataan „ungkapan politik sebagai panglima berkembang pada masa silam“ sesuai dengan kalimat (3) yang diperjelas oleh kalimat (6), yaitu konon dahulu ungkapan itu mengandung ancaman. Kata dahulu memberikan makna bahwa ungkapan tersebut berkembang pada masa silam (dahulu).
  • Opsi B tidak tepat. Kata kunci dalam opsi ini ditemukan dalam kalimat (2) bahwa Ungkapan itu dipergunakan untuk mewarnai atau memberi label. Kata itu mengacu pada kalimat (1), yaitu banyak ungkapan dalam dunia politik. Dengan demikian, yang memiliki label adalah dunia politik, bukan politik itu sendiri.
  • Opsi C tidak tepat. Kata kunci opsi C ditemukan dalam kalimat (5).  Kata tersebut dalam kalimat ini mengacu pada ungkapan “politik adalah panglima“. Jadi, yang menakutkan masyarakat adalah ungkapan yang sedang dibahas, bukan semua ungkapan seperti yang dinyatakan dalam opsi C.
  • Opsi D tidak tepat. Kata kunci dalam opsi ini ditemukan dalam kalimat (6).  Dalam kalimat ini terdapat informasi bagi pihak yang tidak sepaham dalam ideologi politik. Hal ini menunjukkan bahwa yang mendapatkan ancaman bukanlah setiap insan seperti yang tercantum dalam opsi D.
  • Opsi E tidak tepat. Kata kunci tidak ada dalam teks. Paragrafnya pun tidak membahas ketidaksepahaman ideologi politik yang terjadi di masyarakat .

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) pada remaja dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah lemahnya hubungan dalam lingkungan keluarga. Pengasuhan ...

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia