Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks 3A (1) Setelah memasuki abad ke-21, perkembangan teknologi terasa luar biasa, terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi sehingga alur informasipun terjadi tanpa hambatan. (2) Untuk itu, dalam mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif atau tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, diperlukan penyaringan. (3) Sistem penyaringan bisa dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai nasionalisme terhadap anak-anak bangsa sejak dini, baik formal maupun nonformal; yang secara formal dilakukan di sekolah, sedangkan secara nonformal dilakukan di keluarga dan masyarakat. (4) Bila tidak dilakukan penyaringan yang baik, dikhawatirkan muncul dampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat. (5) Hal ini disebabkan perubahan cepat dalam teknologi informasi yang telah mengubah budaya sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan. (Diadaptasi dari http://bkk.ft.uny.ac.id/dampak-teknologi-terhadap-budaya) Teks 3B (6) Sisi positif perkembangan teknologi adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, dan media komunikasi sosial dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. (7) Komunikasi di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi. (8) Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. (9) Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphone- nya daripada berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. (10) Sebagai contoh, seorang anak sibuk ber- chatting dengan teman melalui handphone miliknya daripada berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. (11) Terkadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya. (Diadaptasi dari http://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat _Indonesia) Apakah kelemahan isi teks?

Teks 3A

          (1) Setelah memasuki abad ke-21, perkembangan teknologi terasa luar biasa, terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi dan informasi sehingga alur informasi pun terjadi tanpa hambatan. (2) Untuk itu, dalam mengantisipasi pengaruh budaya luar yang negatif atau tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia, diperlukan penyaringan. (3) Sistem penyaringan bisa dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai nasionalisme terhadap anak-anak bangsa sejak dini, baik formal maupun nonformal; yang secara formal dilakukan di sekolah, sedangkan secara nonformal dilakukan di keluarga dan masyarakat. (4) Bila tidak dilakukan penyaringan yang baik, dikhawatirkan muncul dampak buruk terhadap perilaku kehidupan bermasyarakat. (5) Hal ini disebabkan perubahan cepat dalam teknologi informasi yang telah mengubah budaya sebagian besar masyarakat dunia, terutama yang tinggal di perkotaan. (Diadaptasi dari http://bkk.ft.uny.ac.id/dampak-teknologi-terhadap-budaya)

Teks 3B

          (6) Sisi positif perkembangan teknologi adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, dan media komunikasi sosial dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. (7) Komunikasi di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi. (8) Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. (9) Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphone-nya daripada berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. (10) Sebagai contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya daripada berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. (11) Terkadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya. (Diadaptasi dari http://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat _Indonesia)

 

Apakah kelemahan isi teks? 

  1. Teks 3A tidak menjelaskan pengertian nilai nasionalisme 

  2. Teks 3A tidak menjelaskan sisi positif perkembangan teknologi. 

  3. Teks 3B tidak memuat contoh sisi positif perkembangan teknologi.

  4. Teks 3B tidak menguraikan pengaruh perkembangan teknologi terhadap anak. 

  5. Teks tidak menguraikan pengertian dan cara chatting

Iklan

A. Acfreelancerrr

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hal yang kurang dari teks tersebut adalah contoh positif mengenai dampak positif teknologi.

hal yang kurang dari teks tersebut adalah contoh positif mengenai dampak positif teknologi.

Iklan

Pembahasan

Kelemahan sebuah teks harus relevan dengan topik yang disampaikannya. Teks 3B menjelaskan mengenai dampak positif dan negatif. Akan tetapi, contoh yang disebutkan dalam teks 3B hanyalah contoh negatifnya saja. Dengan demikian, hal yang kurang dari teks tersebut adalah contoh positif mengenai dampak positif teknologi.

Kelemahan sebuah teks harus relevan dengan topik yang disampaikannya. Teks 3B menjelaskan mengenai dampak positif dan negatif. Akan tetapi, contoh yang disebutkan dalam teks 3B hanyalah contoh negatifnya saja. Dengan demikian, hal yang kurang dari teks tersebut adalah contoh positif mengenai dampak positif teknologi.

143

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Fenomena yang terjadi memang menunjukkan bahwa semakin tinggi populasi kemiskinan, akan makin banyak munculnya pasar tradisional. (2) Di pihak lain semakin tinggi pendapatan rata-rata masyarakat p...

69

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia