Roboguru

Pertanyaan

(1) Pembentukan Masyarakat-Ekonomi ASEAN 2015 membuka peluang sekaligus tantangan bagi Tabel Kontribusi Provinsi terhadap Ekspor Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui integrasi ekonomi dan keuangan di kawasan. (2) Provinsi Luasnya wilayah Indonesia dengan komoditas unggulan ekspor relatif bervariasi antarprovinsi membuka peluang peningkatan diversifikasi ekspor Indonesia, baik dalam rangka meningkatkan ekspor ke kawasan rna ASEAN, Asia lainnya maupun dunia. (3) Secara spesifik, ekspor Indonesia ditentukan oleh kinerja ekonomi dan perdagangan provinsi. (4) Perdagangan internasional di suatu negara dapat dibangun oleh perdagangan dari Jakarta19, 3 (5) Unggulan ekspor yang relatif bervariasi antarprovinsi dapat didayagunakan untuk memacu Kali 5 5 pertumbuhan ekspomya. (6) Hingga saat ini, provinsi yang paling dominan melakukan kegiatan ekspor adalah Banten37 7,666_ Sebanyak 26,2% ekspor Sabar ditujukan ke ASEAN Jawa Tengah 4,2 3,9 3,8 dengan negara tujuan utama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (8) Provinsi Ribu melakukan kegiatan ekspor terutama ke kawasan Singapura. (9) Jika dilihat secara lebih detail, maka setiap wilayah di Indonesia memiliki kekhususan komoditas,Pernyataan manakah yang paling sesuai denga utama yang diekspor, misalnya Sumatera: minyak sawit dan karet mentah; Kalimantan: batu bara; Sulawesi: isi tabel tersebut? coklat, minyak sawit, dan metalliferous; Jawa dan Bagi: tekstil, garmen, kertas, furnitur, dan produk kayu; Nusa (A) H Tenggara: metalliferous; serta Irian: metalliferous. (10) Dari data Pertumbuhan Investasi dan Kinerja Ekonomi menuju Makro Indonesia diketahui sebagian besar. provinsi di Indonesia hanya memiliki komoditas ekspor utama nonmigas terbatas pada satu hingga dua komoditas. (1 1) Hanya beberapa provinsi saja di Pulau Jawa yang memiliki komoditas ekspor unggulan yang lebih terdiversifikasi.

 

  1. Hanya Provinsi Jawa Timur yang menunjukkan perkembangan positif ekspor nonmigas

  2. Hanya Provinsi Jawa Barat yang menurun tahun 2005-2007

  3. Provinsi yang paling dominan melakukan kegiatan ekspor adalah provinsi-provinsi di Pulau Jawa

  4. Provinsi Riau, Sumut, dan Kaltim mengalami penurunan ekspor tahun 2006 dan kembali bangkit tahun 2007

  5. Kontribusi ekspor nonmigas Provinsi Riau melebihi akumulasi provinsi-provinsi di Pulau Kalimantan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Pernyataan yang paling sesuai dengan isi tabel tersebut ialah provinsi Jawa Timur menunjukkan perkembangan positif ekspor nonmigas. Hal tersebut karena provinsi Jawa Timur menunjukkan angka persentase naik di bidang ekspor nonmigas, sedangkan provinsi Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Jawa Tengah menunjukkan persentase turun dalam bidang ekspor nonmigas. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

81

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

(1) Motivasi berasal dari motove atau movere yang berarti "mengerahkan". (2) Seperti yang dikatakan Liang Gie (dalam Martoyo, 2000), motif atau dorongan adalah suatu dorongan yang menjadi pangkal sese...

179

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia