Iklan

Iklan

Pertanyaan

Banjir bandang yang melanda kota Padang dan kabupaten Pariaman Sumatera Barat 24 Juli 2012, berakibat rusaknya pemukiman penduduk, perkantoran, dan saluran irigasi di daerah tersebut. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

Banjir bandang yang melanda kota Padang dan kabupaten Pariaman Sumatera Barat 24 Juli 2012, berakibat rusaknya pemukiman penduduk, perkantoran, dan saluran irigasi di daerah tersebut.

Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

  1. pendekatan korolasi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan kompleks kewilayahan

  4. pendekatan regional

  5. pendekatan kelingkungan

Iklan

M. Bilqis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni: Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Sesuai dengan penjelasan di atas, maka banjir bandang yang melanda Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman Sumatera masuk dalam pendekatan spasial/keruangan. Meskipun melibatkan dua administrasi namun tidak ada ketekaitannya.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni:

  1. Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  2. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  3. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka banjir bandang yang melanda Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman Sumatera masuk dalam pendekatan spasial/keruangan. Meskipun melibatkan dua administrasi namun tidak ada ketekaitannya.

Latihan Bab

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Objek Studi dan Aspek Geografi

Konsep Esensial Geografi

Prinsip Geografi

294

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat dominan pada aktivitas peternakan khususnya kuda. Hal itu sangat sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedik...

123

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia