Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut.    


    Romi berjalan menyusuri taman ria. Setiap langkah kakinya menyebarkan warna monokrom. Hitam dan putih, sedangkan tanah yang tidak diinjaknya berwarna normal. Matanya bisa membedakan warna itu. Namun, langkah kakinya hanya sebatas di taman ria itu. Ia selalu terhenti secara sengaja di gerbang taman ria. Ia tidak pernah bisa melewati gerbang itu. 

    Suatu hari, seorang lelaki berdiri di depan taman ria. Romi berjalan menghampiri lelaki itu. Ia semakin cepat melangkah menyadari lelaki itu tidak asing baginya. Lelaki itu adalah ayahnya. Romi berhenti berhadapan dengan ayahnya. Ditatapnya wajah ayah yang sudah lama tidak lama ia temui. Ayah Romi berlutut memeluk mainan Ultraman kesayangan Romi. Romi mengikuti ayahnya berlutut dan saling berhadapan. 

    "Ayah merindukanmu, Nak” katanya sambil menitikkan air mata, kemudian pergi. 

    Romi seperti ingin menggapai ayahnya dan menangis tersedu-sedu. Seseorang menepuk bahu Romi, Bu Aida, guru sekolah Romi. Bu Aida mengajak Romi kembali ke taman ria. Di mata mereka, itu adalah taman ria yang ramai meskipun tak terlihat ceria karena hanya berwarna hitam putih. Di mata ayah Romi dan orang-orang lain, itu adalah puing-puing taman ria yang hancur pascaledakan bom sebulan lalu.space 

Bagian orientasi dalam cerita fantasi tersebut menjelaskan....

Bagian orientasi dalam cerita fantasi tersebut menjelaskan ....space  

  1. Romi yang hanya melihat dunia dengan warna yang berbedaspace  

  2. Romi yang merindukan ayahnya yang hidup di luar pintu gerbang taman riaspace  

  3. Romi yang dapat menyebarkan warna monokrom saat menjejakkan kakinyaspace  

  4. Romi yang memiliki dunia berbeda karena tidak dapat melewati gerbang taman riaspace  

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.

jawaban yang benar adalah pilihan D.space  

Iklan

Pembahasan

Teks cerita fantasi memiliki tiga bagian struktur, yaitu orientasi, konflik, dan resolusi. Struktur pertama dalam teks cerita fantasi adalah orientasi. Orientasi berisi pengenalan tokoh, latar, dan watak tokoh kepada pembacanya . Struktur orientasi pada teks cerita fantasi tersebut dapat dilihat pada paragraf satu: "Romi berjalan menyusuri taman ria. Setiap langkah kakinya menyebarkan warna monokrom. Hitam dan putih, sedangkan tanah yang tidak diinjaknya berwarna normal. Matanya bisa membedakan warna itu. Namun, langkah kakinya hanya sebatas di taman ria itu. Ia selalu terhenti secara sengaja di gerbang taman ria. Ia tidak pernah bisa melewati gerbang itu." Maka, bagian orientasi dalam cerita fantasi tersebut menjelaskan Romi yang memiliki dunia berbeda karena tidak dapat melewati gerbang taman ria. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Teks cerita fantasi memiliki tiga bagian struktur, yaitu orientasi, konflik, dan resolusi. Struktur pertama dalam teks cerita fantasi adalah orientasi. Orientasi berisi pengenalan tokoh, latar, dan watak tokoh kepada pembacanya. Struktur orientasi pada teks cerita fantasi tersebut dapat dilihat pada paragraf satu:
"Romi berjalan menyusuri taman ria. Setiap langkah kakinya menyebarkan warna monokrom. Hitam dan putih, sedangkan tanah yang tidak diinjaknya berwarna normal. Matanya bisa membedakan warna itu. Namun, langkah kakinya hanya sebatas di taman ria itu. Ia selalu terhenti secara sengaja di gerbang taman ria. Ia tidak pernah bisa melewati gerbang itu."

Maka, bagian orientasi dalam cerita fantasi tersebut menjelaskan Romi yang memiliki dunia berbeda karena tidak dapat melewati gerbang taman ria.

 Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space  

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Fantasi

Kebahasaan Teks Cerita Fantasi

Menganalisis Teks Cerita Fantasi

Menyusun Teks Cerita Fantasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

122

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konflik yang terjadi pada kutipan teks tersebut adalah ....

909

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia