Roboguru

Bagi mereka yang tertarik pada kehidupan ini akan banyak mengambil manfaat. Tetapi, bagi mereka yang mencari “cerita yang mengasyikkan” akan menemui kekecewaan. (paragraf pertama) Kedua kalimat tersebut tidak efektif karena tidak memenuhi syarat....

Pertanyaan

Bagi mereka yang tertarik pada kehidupan ini akan banyak mengambil manfaat. Tetapi, bagi mereka yang mencari “cerita yang mengasyikkan” akan menemui kekecewaan. (paragraf pertama)


Kedua kalimat tersebut tidak efektif karena tidak memenuhi syarat....space

  1. kehematanspace

  2. keparalelanspace

  3. kepaduanspace

  4. kesepadanan strukturspace

  5. kecermatanspace

Pembahasan Soal:

Kalimat dalam kritik dan esai harus memperhatikan sisi keefektifan. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Syarat kalimat agar disebut efektif, yaitu adanya kesepadanan struktur, keparalelan atau kesejajaran bentuk, kehematan kata, ketegasan makna, kepaduan gagasan, dan kelogisan gagasan.

Dalam kedua kalimat dalam kutipan yang disebutkan terdapat kesalahan penulisan yang mengakibatkan kalimat tersebut tidak efektif. Kesalahan tersebut disebabkan oleh kalimat yang tidak memenuhi syarat kehematan kata. Dalam kalimat tersebut, ketidakhematan kata ditemukan pada pengulangan subjek pada dua kalimat. Subjek yang diulang, yaitu subjek mereka.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved