Roboguru

Bagaimanakah kedudukan filsafat dalam kehidupan masyarakat Cina?

Pertanyaan

Bagaimanakah kedudukan filsafat dalam kehidupan masyarakat Cina?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Filsafat Cina hidup dalam kebudayaan Cina. Hal ini disebabkan karena pemikiran filsafat selalu diberikan dalam setiap jenjang pendidikan sejak dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Menurut rakyat Cina, fungsi filsafat dalam kehidupan manusia adalah untuk mempertinggi tingkat kerohanian. Artinya, dengan filsafat dihadapkan dapat menjulang tinggi untuk meraih nilai-nilai yang lebih tinggi daripada nilai-nilai moral. Kedudukan filsafat di kehidupan masyarakat Cina merupakan kedudukan yang paling diutamakan. Kehidupan Cina berkembang pada zaman Dinasti Chou (1066 -221 SM) sehingga Dinasti Chou berhasil meletakkan dasar-dasar kehidupan dan berpengaruh sepanjang sejarah Cina. Filsuf Cina antara lain:

  1. Lao Tse, ajarannya disebut Taoisme, tertulis dalam buku Tao Te-ching, yang intinya Adanya semangat keadilan dan kesejahteraan bernama Tao, orang tidak boleh mengekang jalannya alam dan orang supaya mau menerima nasib; seperti suka, duka, bahagia, sengsara dan sebagainya.
  2. Mo Ti ajarannya mendasarkan pada Chien Ai, yakni cinta universal. Maksudnya, cinta yang tanpa pandang bulu, yakni mencintai sesama seperti mencintai dirinya sendiri. Jika setiap orang bertindak demikian, maka dunia akan damai.
  3. Kung Fu Tse dalam bahasa Tionghoa, sedangkan orang-orang Barat menyebutnya Confusius. Ajarannya biasa disebut Ju Chia (Kung Chia), orang banyak menyebutnya Confusianisme. Pokok-pokok ajarannya terletak pada Tian, Xian dan Ren. Jika manusia atau masyarakat telah memegang teguh Tian, Xian, dan Ren, maka dunia akan damai.

 

Dengan demikian, kedudukan filsafat dalam peradaban Cina bisa disamakan dengan kedudukan agama pada peradaban-peradaban lain. Di Cina, filsafat selalu menjadi perhatian bagi setiap orang yang berpendidikan. Pada masa lalu, jika seseorang merupakan orang yang berpendidikan, maka pendidikan pertama yang ia terima adalah filsafat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pokok-pokok ajaran Lao Tze dan Kung Fu Tze?

Pembahasan Soal:

Lao Tse, ajarannya disebut Taoisme, tertulis dalam buku Tao Te-ching, yang intinya.

  1. Adanya semangat keadilan dan kesejahteraan bernama Tao
  2. Orang tidak boleh mengekang jalannya alam
  3. Orang supaya mau menerima nasib; seperti suka, duka, bahagia, sengsara dan sebagainya.

Kung Fu Tse dalam bahasa Tionghoa, sedangkan orang-orang Barat menyebutnya Confusius. Ajarannya biasa disebut Ju Chia (Kung Chia), orang banyak menyebutnya Confusianisme. Pokok-pokok ajarannya terletak pada Li, Ren dan I. Jika manusia atau masyarakat telah memegang teguh Li, Ren dan I, maka dunia akan damai. Apa itu Li, Ren dan I? Li, adalah adat istiadat. Sesuai dengan ajaran Li, maka orang itu harus mengetahui dirinya dan menempatkan diri pada tempatnya. Ada 5 (lima) hubungan yang
dapat dipertimbangkan paling utama, yakni:

  1. Bagaimana hubungan antara penguasa dengan yang dikuasai?
  2. Bagaimana hubungan antara orang tua dengan anak?
  3. Bagaimana hubungan antara suami dengan istri?
  4. Bagaimana hubungan antara saudara tua dengan saudara muda?
  5. Bagaimana hubungan antara teman dengan teman?

Sebagai contoh orang tua harus memberi teladan tindakan yang baik bagi anak-anaknya dan bertindak bijaksana; sebaliknya, anak-anak harus patuh dan meluhurkan orang tuanya. Ren, yakni peri kemanusiaan; dan I adalah perikeadilan. Menurut Kung Fu Tse, kalau masyarakat memegang teguh Li, Ren dan I, maka masyarakat akan hidup tenteram dan sejahtera. Ini semua merupakan usaha Kung Fu Tse untuk menciptakan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat, Bapak menjadi semua pusat anggota keluarga sehingga bapak harus menjadi panutan, sedang anak harus tunduk kepadanya. Negara adalah keluarga dalam bentuk besar dan raja atau kaisar adalah sebagai bapak yang harus adil dan bijaksana, sedang rakyat harus tunduk kepada raja. Ajaran Kung Fu Tse sampai sekarang tetap menjadi pegangan hidup rakyat Cina.

Dengan demikian, Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi, yaitu bernama Tao. Ajaran Lao Tse bernama Taoisme. Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga. Menurut ajaran Kong Fu Tse, Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini, sehingga tercapai keselarasan.

0

Roboguru

yang dimaksud dengan Sari Chiau pada falsafah masyarakat Tionghoa adalah….

Pembahasan Soal:

Sari Chiau adalah tritunggal agama atau yang disebut sebagai penggabungan tiga agama atau kepercayaan pada peradaban Tiongkok Kuno dengan menggabungkan ajaran Tao, Konfusius dan Buddha yang datang ke dataran Tiongkok pada awal Masehi yang kemudian dipadukan menjadi satu. Buddha mengajarkan keselamatan dengan iman dan kejujuran hati yang selaras dengan ajaran Tao mengenai welas asih yang terejawantahkan dalam bentuk Dewi Kuan Yin sementara itu Tao dan Konfusius mengajarkan keseimbangan dan keselarasan dengan alam yang dimana ajaran Buddha juga menerapkan dalam bentuk delapan ajaran keselamatan.

0

Roboguru

The Great Wall (Tembok Raksasa) Cina yang merupakan salah satu bukti keajaiban dunia didirikan pada masa pemerintahan ....

Pembahasan Soal:

Shih Huang Ti merupakan kaisar besar dari Dinasti Chin yang berkuasa sejak 247 SM sampai 221 SM. Beberapa tindakan-tindakan yang dilakukan Shih Huang Ti pada masa pemerintahannya adalah sebagai berikut.

  1. Membangun The Great Wall atau Tembok Raksasa dengan panjang 6.000 km, dengan tinggi 16 meter yang berguna untuk menahan serangan bangsa Bar - bar (bangsa Hsiung Nu). Sampai sekarang tembok ini masih berdiri megah dan merupakan salah satu keajaiban dunia.
  2. Untuk mengamankan kekuasaannya dari rongrongan yang kurang menyetujui pemerintahannya, Kaisar Shih Huang Ti mengeluarkan dekrit untuk membakar dan memusnahkan buku-buku ajaran guru besar Kung Fu Tse, kecuali buku pertanian, pengobatan dan ramalan.
  3. Mengadakan penyeragaman tulisan-tulisan di seluruh Cina.
  4. Mengadakan penyeragaman ukuran-ukuran, timbangan-timbangan, perkakas pertanian dan sebagainya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perkembangan sejarah Tiongkok dimulai sejak masa Dinasti Shang yang ditandai dengan….

Pembahasan Soal:

Pada masa Dinasti Shang (1600-1045 SM) peradaban Tiongkok Kuno mulai berkembang melalui tulisan China Kuno yang terdapat pada cangkang kura-kura yang telah diuji dengan metode radiokarbon yang memiliki umur 1500 SM.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan hasil peninggalan dari Dinasti Qin adalah….

Pembahasan Soal:

Kepala perunggu berasal dari masa Dinasti Shang, bejana perunggu dengan ukiran indah juga terdapat pada masa ini dan pedupaan atau perbaraan pegunungan luas yang digunakan untuk menaruh dupa untuk ritual keagamaan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved