Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana sifat kemagnetan unsur-unsur logam transisi?

Bagaimana sifat kemagnetan unsur-unsur logamspacetransisi?

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sifat kemagnetan unsur-unsur logam transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, dan feromagnetik.

sifat kemagnetan unsur-unsur logam transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, danspaceferomagnetik.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan sifat magnetiknya, unsur-unsur transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, dan feromagnetik. Diamagnetik yaitu unsur transisi yang menolak medan magnet. Sifat ini dimiliki oleh unsur transisi yang seluruh elektron pada orbitalnya telah berpasangan. Contohnya adalah Paramagnetik yaitu unsur transisi yang sedikit dapat ditarik medan magnet. Sifat ini dimiliki oleh unsur transisi yang memiliki elektron tidak berpasangan pada orbital d nya. Sebagian besar unsur transisi periode empat bersifat paramagnetik. Contohnya adalah Feromagnetik yaitu unsur transisi yang dapat ditarik dengan sangat kuat oleh medan magnet. Makin banyak elektron dari unsur transisi· yang tidak berpasangan pada orbitalnya mengakibatkan unsur tersebut bersifat feromagnetik. Unsur dan termasuk unsur yang bersifat feromagnetik. Jadi, sifat kemagnetan unsur-unsur logam transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, dan feromagnetik.

Berdasarkan sifat magnetiknya, unsur-unsur transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, danspaceferomagnetik.

  1. Diamagnetik yaitu unsur transisi yang menolak medan magnet.
    Sifat ini dimiliki oleh unsur transisi yang seluruh elektron pada orbitalnya telah berpasangan. Contohnya adalah Zn presubscript 30.
  2. Paramagnetik yaitu unsur transisi yang sedikit dapat ditarik medan magnet.
    Sifat ini dimiliki oleh unsur transisi yang memiliki elektron tidak berpasangan pada orbital d nya. Sebagian besar unsur transisi periode empat bersifat paramagnetik. Contohnya adalah Sc presubscript 21.
  3. Feromagnetik yaitu unsur transisi yang dapat ditarik dengan sangat kuat oleh medan magnet. Makin banyak elektron dari unsur transisi· yang tidak berpasangan pada orbitalnya mengakibatkan unsur tersebut bersifat feromagnetik. Unsur Fe presubscript 26 comma space Co presubscript 27 comma dan Ni presubscript 28 termasuk unsur yang bersifatspaceferomagnetik.

Jadi, sifat kemagnetan unsur-unsur logam transisi pada periode empat dikelompokkan menjadi diamagnetik, paramagnetik, danspaceferomagnetik.

Latihan Bab

Logam Transisi Periode ke-4

Senyawa dan Ion Kompleks

Unsur Penting Lainnya

Konsep Kilat

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan sifat paramagnetik, diamagnetik, dan feromagnetik? Berikan masing-masing contohnya.

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia