Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi?

Bagaimana objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi?space

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi dengan cara mengklasifikasikan objek tersebut dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, dan sifat-sifat khusus objek.

objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi dengan cara mengklasifikasikan objek tersebut dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, dan sifat-sifat khusus objek.space

Iklan

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. Secara umum, struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga bagian, yaitu: Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan). Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan, seperti binatang (ciri fisik, habitat, makanan, perilaku), tumbuhan (perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain), serta manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Oleh karena itu, secara keseluruhan, pada bagian ini, objek diinformasikan dengan cara mengklasifikasikan objek dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, serta sifat-sifat khusus objek. Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan. Dengan demikian, objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi dengan cara mengklasifikasikan objek tersebut dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, dan sifat-sifat khusus objek.

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Secara umum, struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).
  • Deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan, seperti binatang (ciri fisik, habitat, makanan, perilaku), tumbuhan (perincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain), serta manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Oleh karena itu, secara keseluruhan, pada bagian ini, objek diinformasikan dengan cara mengklasifikasikan objek dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, serta sifat-sifat khusus objek.
  • Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.


Dengan demikian, objek tersebut diinformasikan dalam teks laporan hasil observasi dengan cara mengklasifikasikan objek tersebut dari berbagai segi, deskripsi manfaat suatu objek, dan sifat-sifat khusus objek.space

Latihan Bab

Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi

Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Menganalisis Teks Laporan Hasil Observasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

235

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan bagian-bagian dalam struktur tekslaporan hasil observasi buku pengetahuan!

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia