Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan cermat dan pahami makna yang ada di dalamnya! Kemudian, jawablah pertanyaannya! Ikan Hias yang Digemari Ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air dan bernafasdengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikanhias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan airtawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss. Ikan cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangatdikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akankecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan inicantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempatpenyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat diIndonesia. Ikan Manfish dikenal juga dengan Angel Fish . Ikan ini berasal dari AmerikaSelatan. Ikan kecil ini juga digemari masyarakat Indonesia karena bentuknya yangIndah. Bagian tubuhnya ada yang berwarna perak dan bagian ekornya berwarnamerah tua. Gerakan ikan ini sangat tenang. Pusat budi daya ikan ini terdapat di Jakartadan Bogor. Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik danbanyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan inibentuk, warna, dan coraknya juga menarik.Harganya juga agak mahal. Sayangnya,ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia. Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satumanfaatnya bagi manusia sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja,menguras tenaga, pikiran akan tenang seketika setelah memandang ikan-ikan cantikini. (Diolah dari sumber: http://klikpintar.com/tips/inilah-5-jenis-ikan-hias-air-tawar-paling-indah/ ) Dapatkah kamu memahami teks Ikan “Hias yang Digemari”? Jika kamu belumpaham, bacalah sekali lagi! Menurut pendapatmu, teks “Ikan Hias yang Digemari” berstruktur apa?”Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu!

Bacalah teks berikut dengan cermat dan pahami makna yang ada di dalamnya!
Kemudian, jawablah pertanyaannya!


Ikan Hias yang Digemari


    Ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan air tawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss. 

    Ikan cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan ini cantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempat penyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia.

    Ikan Manfish dikenal juga dengan Angel Fish. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan kecil ini juga digemari masyarakat Indonesia karena bentuknya yang Indah. Bagian tubuhnya ada yang berwarna perak dan bagian ekornya berwarna merah tua. Gerakan ikan ini sangat tenang. Pusat budi daya ikan ini terdapat di Jakarta dan Bogor. 

    Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga menarik. Harganya juga agak mahal. Sayangnya, ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia. 

    Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satu manfaatnya bagi manusia sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja, menguras tenaga, pikiran akan tenang seketika setelah memandang ikan-ikan cantik ini.

(Diolah dari sumber: http://klikpintar.com/tips/inilah-5-jenis-ikan-hias-air-tawar- paling-indah/)


Dapatkah kamu memahami teks Ikan “Hias yang Digemari”? Jika kamu belum paham, bacalah sekali lagi!
Menurut pendapatmu, teks “Ikan Hias yang Digemari” berstruktur apa?” Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks di atas termasuk dalam jenis teks laporan hasil observasi karena memberikan informasi tentang suatu objek berdasarkan penelitian, yaitu tentang ikan hias. Selanjutnya, teks tersebutterdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi kegunaan.

teks di atas termasuk dalam jenis teks laporan hasil observasi karena memberikan informasi tentang suatu objek berdasarkan penelitian, yaitu tentang ikan hias. Selanjutnya, teks tersebut terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi kegunaan.undefined  

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks di atas menggunakan struktur teks laporan hasil observasi . Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Struktur teks laporan hasil observasi terdiri atas bagian pembuka yang berupa definisi umum , bagian isi yang berupa deskripsi bagian , dan bagian akhir yang berupa deskripsi kegunaan . Pada teks di atas, paragraf pertama merupakan definisi umum yang menjelaskan tentang definisi ikan dan jenis ikan yang banyak digemari sebagai hiasan. Selanjutnya, paragraf kedua, ketiga, dan keempat merupakan deskripsi bagian yang merinci secara detail jenis-jenis ikan hias tersebut. Terakhir, paragraf kelima merupakan deskripsi kegunaan yang menjelaskan tentang manfaat ikan hias tersebut. Dengan demikian, teks di atas termasuk dalam jenis teks laporan hasil observasi karena memberikan informasi tentang suatu objek berdasarkan penelitian, yaitu tentang ikan hias. Selanjutnya, teks tersebutterdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi kegunaan.

Teks di atas menggunakan struktur teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. 

Struktur teks laporan hasil observasi terdiri atas bagian pembuka yang berupa definisi umum, bagian isi yang berupa deskripsi bagian, dan bagian akhir yang berupa deskripsi kegunaan.

Pada teks di atas, paragraf pertama merupakan definisi umum yang menjelaskan tentang definisi ikan dan jenis ikan yang banyak digemari sebagai hiasan. Selanjutnya, paragraf kedua, ketiga, dan keempat merupakan deskripsi bagian yang merinci secara detail jenis-jenis ikan hias tersebut. Terakhir, paragraf kelima merupakan deskripsi kegunaan yang menjelaskan tentang manfaat ikan hias tersebut. undefined 

Dengan demikian, teks di atas termasuk dalam jenis teks laporan hasil observasi karena memberikan informasi tentang suatu objek berdasarkan penelitian, yaitu tentang ikan hias. Selanjutnya, teks tersebut terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi kegunaan.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

(1) Kelompok I bertugas mengamati film animasi tentang " Kembalinya si Maung." (2) Adapun aku, masuk dalam kelompok III dengan tugas mengamati film animasi dengan judul "Salah Paham." (3) Kami m...

79

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia