Iklan

Iklan

Pertanyaan

Karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah ...

Karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah ...space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah judul.

karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah judul.space 

Iklan

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah tulisan yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan informasi dari hasil kegiatan observasi dengansebenar-benarnya. Penyusunan laporan hasil observasi merupakan bentuk dokumentasi atau pertanggungjawaban tertulis dari kegiatan observasi yang telah dilakukan. Teks laporan hasilobservasi dibuat berdasarkan observasi secara mendalam agar dapat mengetahui informasi atau data-data sesuai objek yang diteliti. Struktur Teks Laporan Hasil Observasi: Definisi umum (pembukaan) yang berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas; Deskripsi bagian yang berisi gambaran tentang sesuatusecara terperinci; Deskripsi manfaat yang berisi ringkasan atau kegunaan/manfaat; Simpulan (bersifat opsional). Sebelum masuk pada laporan hasil observasi yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan simpulan (opsional), teks laporan observasi yang baik hendaknya diawali dengan sebuah judul . Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia judul merupakan kepala karangan. Kepala karangan atau judul ini berfungsi untuk memberikan rasa ingin tahu kepada pembaca tentang isi teks. Selain itu, judul juga berfungsi untuk menjelaskan mengenai objek yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi. Dengan demikian, karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah judul.

Teks laporan hasil observasi adalah sebuah tulisan yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan informasi dari hasil kegiatan observasi dengan sebenar-benarnya. Penyusunan laporan hasil observasi merupakan bentuk dokumentasi atau pertanggungjawaban tertulis dari kegiatan observasi yang telah dilakukan. Teks laporan hasil observasi dibuat berdasarkan observasi secara mendalam agar dapat mengetahui informasi atau data-data sesuai objek yang diteliti.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi:

  1. Definisi umum (pembukaan) yang berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas;
  2. Deskripsi bagian yang berisi gambaran tentang sesuatu secara terperinci;
  3. Deskripsi manfaat yang berisi ringkasan atau kegunaan/manfaat;
  4. Simpulan (bersifat opsional).

Sebelum masuk pada laporan hasil observasi yang terdiri atas definisi umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat, dan simpulan (opsional), teks laporan observasi yang baik hendaknya diawali dengan sebuah judul.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia judul merupakan kepala karangan. Kepala karangan atau judul ini berfungsi untuk memberikan rasa ingin tahu kepada pembaca tentang isi teks. Selain itu, judul juga berfungsi untuk menjelaskan mengenai objek yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi.

Dengan demikian, karangan deskripsi yang baik diawali dengan sebuah judul.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan bagian-bagian dalam struktur tekslaporan hasil observasi buku pengetahuan!

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia