Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks puisi berikut!


Di Bukit
Karya : Mansur Samin

berdiri di puncak karang tinggi
menatapi rumah yang sudah runtuh
suasana tambah sukar kiranya kini
hidup manusia telah pasrah pada haluan waktu

suling nelayan dari muara sana
makin asing membangkit kenangan lama
jaring, pukat dan gudang tinggal berdebu
pasar dan kesibukan telah pindah ke hutan utara
kini dan hari silam nasibmulah itu, desaku
hidup tak henti sengketa, selalu perang saudara

Sumatera, Desember 1958

Dikutip dari : H.B Jassin, Angkatan '66 Prosa dan Puisi II, Jakarta, Gunung Agung, 1985undefined 

Bagaimana keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut?

Bagaimana keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut? 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut adalahKata 'suling' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata 'tinggal berdebu' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembaca seolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata 'pasar' menimbulkan imaji visual keramaian.

 keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut adalah Kata 'suling' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata 'tinggal berdebu' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembaca seolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata 'pasar' menimbulkan imaji visual keramaian.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kata konkret ialah kata-kata yang jika dilihat secara denotatif sama tetapi secara konotatif tidak sama karena disesuaikan dengan kondisi dan situasi pemakainya. Penggunaan imaji dan kata konkret dalam puisi memiliki hubungan yang sangat erat. Penyair harus menggunakan diksi yang tepat untuk menghasilkan imaji dalam puisinya. Diksi yang ditulis penyair harus memunculkan kata konkret yang bisa dihayati melalui penglihatan, pendengaran, dan perabaan atau rasa. Kata ' suling ' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata ' tinggal berdebu ' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembacaseolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata ' pasar ' menimbulkan imaji visual keramaian. Dengan demikian,keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut adalahKata 'suling' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata 'tinggal berdebu' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembaca seolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata 'pasar' menimbulkan imaji visual keramaian.

Kata konkret ialah kata-kata yang jika dilihat secara denotatif sama tetapi secara konotatif tidak sama karena disesuaikan dengan kondisi dan situasi pemakainya.

Penggunaan imaji dan kata konkret dalam puisi memiliki hubungan yang sangat erat. Penyair harus menggunakan diksi yang tepat untuk menghasilkan imaji dalam puisinya. Diksi yang ditulis penyair harus memunculkan kata konkret yang bisa dihayati melalui penglihatan, pendengaran, dan perabaan atau rasa.

Kata 'suling' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata 'tinggal berdebu' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembaca seolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata 'pasar' menimbulkan imaji visual keramaian.

Dengan demikian, keterkaitan kata konkret dengan imaji dalam puisi tersebut adalah Kata 'suling' menghasilkan imaji pendengaran. Kata konkret tersebut, membuat pembaca seolah olah mendengar alunan suling tersebut. Kata 'tinggal berdebu' pada puisi tersebut, menimbulkan imaji visual dimana pembaca seolah-olah seperti melihat sendiri bahwa tempat tersebut telah lama tidak berpenghuni. Selanjutnya, kata 'pasar' menimbulkan imaji visual keramaian.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Puisi

Unsur-Unsur Teks Puisi

Menganalisis Teks Puisi

Menyusun Teks Puisi

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Imaji yang terdapat pada petikan puisi tersebut adalah ....

625

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia