Roboguru

Bagaimana akhir petualangan Ibnu Hajar?

Pertanyaan

Bagaimana akhir petualangan Ibnu Hajar?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ibnu Hadjar alias Haderi bin Umar alias Angli adalah seorang bekas Letnan Dua TNI yang kemudian memberontak dan menyatakan gerakannya sebagai bagian DI/TII Kartosuwiryo. Dengan pasukan yang dinamakannya Kesatuan Rakyat Yang Tertindas, Ibnu Hadjar menyerang pos-pos kesatuan tentara di Kalimantan Selatan dan melakukan tindakan-tindakan pengacauan pada bulan Oktober 1950. Untuk menumpas pemberontakan Ibnu Hajar ini pemerintah menempuh upaya damai melalui berbagai musyawarah dan operasi militer. Pada saat itu pemerintah Republik Indonesia masih memberikan kesempatan kepada Ibnu Hadjar untuk menghentikan petualangannya secara baik-baik, sehingga ia menyerahkan diri dengan kekuatan pasukan beberapa peleton dan diterima kembali ke dalam Angkatan Perang Republik Indonesia. Tetapi setelah menerima perlengkapan Ibnu Hadjar melarikan diri lagi dan melanjutkan pemberontakannya. Perbuatan ini dilakukan lebih dari satu kali sehingga akhirnya Pemerintah memutuskan untuk mengambil tindakan tegas menggempur gerombolan Ibnu Hadjar. Pada akhir tahun 1959 pasukan gerombolan Ibnu Hadjar dapat dimusnahkan dan lbnu Hadjar sendiri dapat ditangkap. Gerakan perlawanan baru berakhir pada bulan Juli 1963. Ibnu Hajar dan anak buahnya menyerahkan diri secara resmi dan pada bulan Maret 1965 Pengadilan Militer menjatuhkan hukuman mati kepada Ibnu Hajar.undefined

Dengan demikian, akhir dari pemberontakan ini adalah Ibnu Hajar dan anak buahnya menyerahkan diri secara resmi dan pada bulan Maret 1965 Pengadilan Militer menjatuhkan hukuman mati kepada Ibnu Hajar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel wilayah gerakan DI/TII berikut! Jawaban yang tepat untuk melengkapi kolom A dan B yaitu ...

Pembahasan Soal:

Pemberlakuan garis demarkasi Van Mook pasca Perjanjian Renville menimbulkan pertentangan dari sejumlah tokoh, salah satunya Kartosuwiryo. Puncaknya pada 7 Agustus 1949 Kartosuwirjo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NlI), atau lebih dikenal dengan Darul Islam. Gerakan Darul Islam selanjutnya menyebar ke sejumlah tempat. Di Jawa Tengah DI/TII dipimpin oleh Amir Fatah, di Sulawesi Selatan DI/TII dipimpin oleh Kahar Muzakkar, di Aceh, DI/TII dipimpin oleh Daud Beureuh, di Kalimantan Selatan DI/TII dipimpin oleh Ibnu Hajar. Sedangkan Kartosuwiryo sendiri mempin gerakan DI/TII di Jawa Barat.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Jelaskan latar belakang terjadinya pemberontakan PKI Madiun!

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI Madiun terjadi karena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor internal meliputi kekecewaan terhadap perjanjian Renville dan kejatuhan kabinet Amir Syarifuddin serta PKI menghasut laskar-laskar untuk melawan pemerintah.
  2. Faktor eksternal yaitu perubahan asas perjuangan Comintern dengan dikeluarkanya garis Zhadanov sehingga semua partai komunis harus melawan kolonialisme.


Dengan demikian latar belakang terjadinya pemberontakan PKI Madiun adalah kekecewaan terhadap perjanjian Renville dan perubahan asas perjuangan Comintern.

2

Roboguru

Indonesia rentan mengalami disintegrasi nasional karena ....

Pembahasan Soal:

Indonesia menjadi salah satu negara yang rentan mengalami disintegrasi nasional. Hal ini disebabkan karena kondisi masyarakat Indonesia yang heterongen atau beraneka ragam. Masyarakat Indonesia memiliki kebudayaan daerah, bahasa daerah, agama, dan ras yang berbeda-beda. Perbedan-perbedaan inilah yang dapat menjadi faktor munculnya disintegrasi nasional.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

PRRI adalah pemberontakan yang berkobar di Sumatra Utara dipimpin oleh ....

Pembahasan Soal:

Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia atau PRRI muncul sebagai dampak dari buruknya hubungan antara pusat dan daerah. Keadaan ini dipicu oleh ketidakpuasan beberapa daerah di Sumatera dan Sulawesi terhadap alokasi biaya pembangunan dari pemerintah pusat. Sikap dan rasa tidak puas itu mendapat dukungan dari beberapa panglima militer, salah satunya gerakan ini didukung oleh Kolonel Simbolon di Medan, Sumatera Utara dan ditandai dengan pembentukan Dewan Gajah pada tanggal 22 Desember 1956.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Alasan Daud Beureuh bergabung dengan DI/TII adalah ...

Pembahasan Soal:

Selain di Jawa Barat dan Jawa Tengah, sejarah pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) juga pernah terjadi di Aceh pasca-kemerdekaan Republik Indonesia. Gerakan DI/TII di Aceh berlangsung pada 1953-1962 dipimpin oleh Teungku Daud Beureueh. Pemberontakan ini dilatarbelakangi oleh penurunan status Provinsi Aceh menjadi karesidenan dibawah Provinsi Sumatera Utara. Hal tersebut dianggap sebagai pengingkaran janji oleh Presiden Sukarno, sebab pada Juni 1948 ia pernah menyatakan bahwa Aceh diperbolehkan menerapkan syariat Islam dan tetap menjadi salah satu provinsi di Indonesia. Daud Beureuh menanggap pemerintah pusat seakan mengabaikan jasa rakyat Aceh ketika perjuangan mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia pada masa revolusi fisik (1945-1950).

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved