Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berita berikut!

Berita I

Musim kemarau pada tahun ini mengalami pergeseran atau kemunduran. Untuk wilayah Sumatera, Sulawesi, dan sebagian Bali musim kemarau diprakirakan baru akan dimulai pada sepuluh hari pertama bulan Juli (Juli-I). Sementara untuk wilayah Jawa, datangnya musim kemarau bervariasi, mulai dari dasarian ketiga Juni hingga dasarian ke dua Juli. Sementara musim kemarau di wilayah Maluku akan dimulai dasarian kedua Juli.

Berita II

Kecamatan Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat ini tengah mengalami krisis air bersih. Hal ini terjadi karena musim kemarau yang melanda daerah tersebut dalam beberapa bulan terakhir. Krisis air bersih ini membuat warga yang berada di seputaran Pantai Cermin, Ujung Padang, Gampong Paya lebih memprioritaskan untuk keperluan memasak dan minum saja. “Air hanya untuk kebutuhan memasak dan minum,” ungkap salah seorang warga, Inur pada The Globe Journal, Selasa (08/10/2013)

Perbedaan penyajian teks kedua kutipan tersebut diawali dengan....

  1. Berita I: apa, Berita II: di mana

  2. Berita I: apa, Berita II: siapa

  3. Berita I: kapan, Berita II: bagaimana

  4. Berita I: siapa, Berita II: kapan

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pengembangan yang cocok untuk berita II adalah di mana. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan

Penyajian kalimat bisa dilihat dari kalimat pertama pada Berita I dan Berita II. Berita I membahas pergeseran atau kemunduran musim kemarau di wilayah Sumatera, Sulawesi, Bali, Jawa, dan Maluku. Dapat disimpulkan, pengembangan yang digunakan oleh berita I adalah apa. Sementara itu, berita II membahas krisis air besih di Kabupaten Aceh Barat Daya. Berita II berfokus pada wilayah itu saja. Maka dari itu, pengembangan yang cocok untuk berita II adalah di mana. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

129

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Teks Berita I Teks Berita II Subak akhirnya ditetapkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO pada pertemuan ke-36 di St. Petersburg, Rusia, Jumat (19/6). UNESCO sendiri menil...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia