Roboguru

Bacalah teks berikut! Waktu lampu dipadamkan, aku menjadi gelisah. Aku tidak bisa tidur. Malam terasa hening dan suara-suara malam terdengar lebih nyaring. Suara-suara itu menambah runcingnya kengerian yang sedang menganggu pikiranku. Dengkur Toshihiko seperti langkah-langkah teratur dan suatu makhluk gaib yang makin mendekati tempatku. Dan potret Koichi Hosaka, prajurit Jepang yang kubunuh itu, terasa menusukkan pandangannya ke ubun-ubun kepalaku. Aku merasa ruh Koichi Hosaka sedang menunggu di dekatku. Mungkin, ia sedang menanti saat untuk membalas dendam, membunuh aku di rumah sendiri. ("Potret Seorang Prajurit", M. Diponegoro) Permasalahan yang terjadi dalam kutipan cerita tersebut adalah . . . .

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Waktu lampu dipadamkan, aku menjadi gelisah. Aku tidak bisa tidur. Malam terasa hening dan suara-suara malam terdengar lebih nyaring. Suara-suara itu menambah runcingnya kengerian yang sedang menganggu pikiranku. Dengkur Toshihiko seperti langkah-langkah teratur dan suatu makhluk gaib yang makin mendekati tempatku. Dan potret Koichi Hosaka, prajurit Jepang yang kubunuh itu, terasa menusukkan pandangannya ke ubun-ubun kepalaku. Aku merasa ruh Koichi Hosaka sedang menunggu di dekatku. Mungkin, ia sedang menanti saat untuk membalas dendam, membunuh aku di rumah sendiri.

("Potret Seorang Prajurit", M. Diponegoro)


Permasalahan yang terjadi dalam kutipan cerita tersebut adalah . . . .undefined

  1. antara tokoh aku dan dirinyaundefined

  2. antara tokoh aku dan Koichi Hosakaundefined

  3. antara tokoh Toshihiko dan Koichi Hosakaundefined

  4. antartokoh dalam ceritaundefined

  5. antara tokoh dengan lingkunganundefined

Pembahasan Soal:

Konflik yang terjadi adalah konflik psikis tokoh aku yang terbayang akan sosok orang yang telah dibunuhnya yaitu Koichi Hosaka. Ia merasa sedang digentayangi dalam keheningan malam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved