Roboguru

Bu Ratna pun menghukum kami. Kami disuruh membuat karangan dengan tema “Dampak Buruk Menyontek”. Kami juga harus mengerjakan soal ulangan yang lain lagi untuk mengganti yang sebelumnya. Setelah kurenungkan, aku menyadari kesalahanku. Ternyata, membantu seseorang haruslah dengan cara yang benar. Tidak asal membantu. Alih-alih membantu, yang ada malah kena hukuman.   Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....

Pertanyaan

Bu Ratna pun menghukum kami. Kami disuruh membuat karangan dengan tema “Dampak Buruk Menyontek”. Kami juga harus mengerjakan soal ulangan yang lain lagi untuk mengganti yang sebelumnya. Setelah kurenungkan, aku menyadari kesalahanku. Ternyata, membantu seseorang haruslah dengan cara yang benar. Tidak asal membantu. Alih-alih membantu, yang ada malah kena hukuman.
 

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....

  1. Peleraian

  2. Perumitan

  3. Pengenalan

  4. Penyelesaian

Pembahasan Soal:

Struktur pada cerita narasi, yaitu orientasi (pengenalan tokoh dan latar), komplikasi (munculnya masalah), klimaks (masalah sampai pada puncaknya/puncak masalah), peleraian (ada pihak ketiga yang melerai konflik), dan penyelesaian (akhir dari sebuah cerita). Kutipan teks tersebut merupakan alur penyelesaian. Pada kutipan tersebut dijelaskan akhir dari masalah karena dibuktikan dengan sadarnya si anak akan kesalahannya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved