RoboguruRoboguru
SD

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal!        Sebelum mengetahui cara mengatasi gangguan mental pada anak, kita perlu memahami terlebih dahulu tanda dan gejalanya. Pandangan yang buruk terhadap gangguan mental membuat banyak orang berusaha menutupi atau menolak kenyataan bahwa anak mengalami masalah kesehatan mental. Ditambah lagi, anak memiliki kosakata terbatas sehingga mungkin masih sulit menyampaikan apa yang dirasakannya.     Apa saja gejala gangguan mental pada anak?     Perubahan suasana hati. Perhatikan apakah anak merasa sedih atau putus asa yang berlangsung setidaknya dua minggu atau lebih. Atau cek juga apakah anak mengalami perubahan suasana hati yang parah sehingga menyebabkan masalah di rumah maupun di sekolah.     Perasaan yang kuat. Waspadai jika anak memiliki perasaan takut yang luar biasa tanpa alasan - bahkan kadang-kadang disertai jantung berdebar atau napas yang cepat - atau kekhawatiran berlebihan sehingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari.     Perubahan perilaku. Perhatikan apakah anak mengalami perubahan drastis dalam perilaku atau kepribadiannya. Misalnya saja ia jadi sering berkelahi atau memiliki keinginan menyakiti orang lain.     Sulit berkonsentrasi. Apakah anak kesulitan untuk duduk tenang dan berkonsentrasi? Biasanya hal ini membuat nilainya jelek di sekolah.     Gejala fisik. Dibandingkan dengan orang dewasa, gangguan mental pada anak biasanya menunjukkan gejala fisik seperti sakit kepala atau sakit perut daripada rasa sedih atau cemas.     Melukai diri sendiri. Kadang-kadang gangguan kesehatan mental menyebabkan anak nekat melukai dirinya sendiri. Tak jarang mereka berpikir untuk bunuh diri. Sumber: diadaptasi dari Kompas.com Pernyataan yang tepat berdasarkan teks artikel opini tersebut adalah ….

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal!undefined 
 

    Sebelum mengetahui cara mengatasi gangguan mental pada anak, kita perlu memahami terlebih dahulu tanda dan gejalanya. Pandangan yang buruk terhadap gangguan mental membuat banyak orang berusaha menutupi atau menolak kenyataan bahwa anak mengalami masalah kesehatan mental. Ditambah lagi, anak memiliki kosakata terbatas sehingga mungkin masih sulit menyampaikan apa yang dirasakannya.

    Apa saja gejala gangguan mental pada anak?

    Perubahan suasana hati. Perhatikan apakah anak merasa sedih atau putus asa yang berlangsung setidaknya dua minggu atau lebih. Atau cek juga apakah anak mengalami perubahan suasana hati yang parah sehingga menyebabkan masalah di rumah maupun di sekolah.

    Perasaan yang kuat. Waspadai jika anak memiliki perasaan takut yang luar biasa tanpa alasan - bahkan kadang-kadang disertai jantung berdebar atau napas yang cepat - atau kekhawatiran berlebihan sehingga mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

    Perubahan perilaku. Perhatikan apakah anak mengalami perubahan drastis dalam perilaku atau kepribadiannya. Misalnya saja ia jadi sering berkelahi atau memiliki keinginan menyakiti orang lain.

    Sulit berkonsentrasi. Apakah anak kesulitan untuk duduk tenang dan berkonsentrasi? Biasanya hal ini membuat nilainya jelek di sekolah.

    Gejala fisik. Dibandingkan dengan orang dewasa, gangguan mental pada anak biasanya menunjukkan gejala fisik seperti sakit kepala atau sakit perut daripada rasa sedih atau cemas.

    Melukai diri sendiri. Kadang-kadang gangguan kesehatan mental menyebabkan anak nekat melukai dirinya sendiri. Tak jarang mereka berpikir untuk bunuh diri.

Sumber: diadaptasi dari Kompas.com

Pernyataan yang tepat berdasarkan teks artikel opini tersebut adalah ….undefined 

  1. anak-anak mungkin masih sulit menyampaikan apa yang dirasakannya karena memiliki kosakata terbatasundefined 

  2. gejala gangguan mental pada anak biasanya menunjukkan sikap sedih dan cemasundefined 

  3. salah satu gejala gangguan mental pada anak adalah munculnya sikap menyendiriundefined 

  4. sulit berkonsentrasi membuat anak sulit untuk belajarundefined 

  5. walaupun gangguan mental pada anak banyak jenisnya, tetapi pikiran untuk bunuh diri tidak mungkin terjadiundefined 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan

Pernyataan yang tepat berdasarkan teks artikel opini tersebut adalah anak-anak mungkin masih sulit menyampaikan apa yang dirasakannya karena memiliki kosakata terbatas. Hal tersebut terdapat pada paragraf pertama. Pernyataan pada pilihan B, C, D, dan E merupakan jawaban yang tidak tepat karena tidak terdapat dan tidak sesuai dengan isi teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

158

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Perundingan antara manajemen PT Citra Serayu Mas (CSM) dan buruh, kemarin sore, menghasilkan dua pilihan. Pertama, buruh pindah ke PT CSM di Sulawesi. Kedua, buru...

131

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia