Roboguru
SD

Bacalah teks berikut.     Di Indonesia, ilmu sosial-humaniora dipandang sebelah mata, tidak punya otonomi keilmuan, dan hanya dijadikan alat legitimasi kebijakan negara. Maka, alih-alih memangkas jatah ilmu sosial-humaniora dari LPDP, ada baiknya pemerintah menilik terlebih dahulu situasi pendidikan humaniora dan penelitian sosial di Indonesia. Sebagaimana diuraikan oleh Samuel (2010), Dhakidac (2003), Hadiz (2016), Hadiz dan Dhakidae (2006), serta Fansuri (2015), sudah sejak lama ilmu sosial-humaniora di Indonesia berhubungan dengan kekuasaan dalam bentuk kebijakan publik.     Efeknya, ilmu sosial-humaniora tidak punya otonomi keilmuan dan hanya dijadikan alat legitimasi agar kebijakan publik terlihat ilmiah. Kondisi ini semakin parah pasca-Orde Baru karena meskipun cengkeraman negara terhadap ilmu sosial-humaniora sudah jauh berkurang tetapi pasar bebas mulai mendikte perkembangan ilmu sosial-humaniora sebatas menjadi "alat ukur" yang bisa menghasilkan profit. (Disadur dari: https://tirto.id/kebijakan-lpdp-dan-nasib-ilmu-sosial­-humaniora-kita-cCFY, diunduh 19 Februari 2019) Argumentasi penulis yang sesuai dengan isi kutipan tersebut, kecuali ...

Pertanyaan

Bacalah teks berikut.


    Di Indonesia, ilmu sosial-humaniora dipandang sebelah mata, tidak punya otonomi keilmuan, dan hanya dijadikan alat legitimasi kebijakan negara. Maka, alih-alih memangkas jatah ilmu sosial-humaniora dari LPDP, ada baiknya pemerintah menilik terlebih dahulu situasi pendidikan humaniora dan penelitian sosial di Indonesia. Sebagaimana diuraikan oleh Samuel (2010), Dhakidac (2003), Hadiz (2016), Hadiz dan Dhakidae (2006), serta Fansuri (2015), sudah sejak lama ilmu sosial-humaniora di Indonesia berhubungan dengan kekuasaan dalam bentuk kebijakan publik.

    Efeknya, ilmu sosial-humaniora tidak punya otonomi keilmuan dan hanya dijadikan alat legitimasi agar kebijakan publik terlihat ilmiah. Kondisi ini semakin parah pasca-Orde Baru karena meskipun cengkeraman negara terhadap ilmu sosial-humaniora sudah jauh berkurang tetapi pasar bebas mulai mendikte perkembangan ilmu sosial-humaniora sebatas menjadi "alat ukur" yang bisa menghasilkan profit.


(Disadur dari: https://tirto.id/kebijakan-lpdp-dan-nasib-ilmu-sosial­-humaniora-kita-cCFY, diunduh 19 Februari 2019)


Argumentasi penulis yang sesuai dengan isi kutipan tersebut, kecuali ...space 

  1. Di Indonesia, ilmu sosial-humaniora di­pandang sebelah mata dan tidak punya otonomi keilmuan.space 

  2. Sebaiknya pemerintah tidak memangkas jatah beasiswa LPDP ilmu sosial--humaniora.space 

  3. Pasar bebas mulai ritendikte perkembangan ilmu sosial-humaniora hanya untuk meraih keuntungan.space 

  4. Sudah sejak lama ilmu sosial-humaniora di Indonesia berhubungan dengan kekuasaan dalam bentuk kebijakan publik.space 

  5. lmu sosial-humaniora di Indonesia hanya dijadikan alat legitimasi kebijakan negara.space 

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Argumentasi penulis yang tidak sesuai dengan isi kutipan tersebut yaitu Sebaiknya pemerintah tidak memangkas jatah beasiswa LPDP ilmu sosial--humaniora.space Karena dalam kutipannya berbunyi Maka, alih-alih memangkas jatah ilmu sosial-humaniora dari LPDP, ada baiknya pemerintah menilik terlebih dahulu situasi pendidikan humaniora dan penelitian sosial di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1rb+

5.0 (1 rating)

Muhammad Gilang

Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Perundingan antara manajemen PT Citra Serayu Mas (CSM) dan buruh, kemarin sore, menghasilkan dua pilihan. Pertama, buruh pindah ke PT CSM di Sulawesi. Kedua, buru...

129

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia