Roboguru

Pertanyaan

 Bacalah teks berikut.
 

    (1) Perkembangan minat baca anak tidak hanya ditentukan oleh keinginan dan sikapnya terhadap bahan-bahan bacaan. Banyak faktor yang memengaruhi, baik faktor dari dalam maupun dari luar diri anak. 

    (2) Contoh faktor dari luar diri anak tersebut adalah kurangnya perhatian orang tua atau guru terhadap perkembangan minat baca anak. Bahkan, di sekolah dan perguruan tinggi banyak tenaga kependidikan yang kurang memperhatikan perkembangan minat baca peserta didiknya. Faktor lain yang juga turut memengaruhi adalah terbatasnya jumlah karya cetak, khususnya buku yang diterbitkan, baik jumlah maupun judul yang sesuai dengan kebutuhan anak.

   (3) Kepedulian bersama menjadi kata kunci mengenai cara meningkatkan minat baca anak di tengah derasnya arus hiburan seperti saat ini. Sebab, tanpa hal tersebut, minat baca sebagai keterampilan anak mustahil akan muncul jika kita tidak memupuk, membina, dan mengembangkannya .

    (4) Mari, kita tanamkan minat baca kepada anak-anak sejak dini. Merekalah yang kelak akan meneruskan estafet perjuangan para pendahulunya. Dengan minat baca yang baik, anak-anak akan mampu menjadi generasi masa depan yang cerdas, beradab, dan berbudaya. 

Sumber: kemenag. go. id 


Bagian rekomendasi pada teks persuasi tersebut terdapat pada paragraf nomor ....undefined

  1. (1) 

  2. (2) 

  3. (3)undefined

  4. (4) undefined

I. Yassa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Bagian rekomendasi ada pada paragraf keempat yang ditunjukkan dengan kata 'mari'. Rekomendasi merupakan bagian penutup dari teks persuasi . Bagian penutup ini berisi ajakan, saran, atau pertimbangan positif agar pembaca mengikuti atau melakukan hal yang telah disampaikan pada tesis dan diperkuat dengan argumen berisi fakta-fakta oleh penulis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

58

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dilihat dari cirinya, teks diatas merupakan struktur bangian...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia