Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut!   Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan: Tiongkok; pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27-2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius, dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti: Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia. (Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-sigap-hadapi-korona.html, diunduh 11 Maret 2020)   Suntinglah tanda baca pada kutipan teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!
 

Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan: Tiongkok; pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27-2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius, dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti: Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia.

(Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-sigap-hadapi-korona.html, diunduh 11 Maret 2020)undefined

 

Suntinglah tanda baca pada kutipan teks tersebut! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran berupa pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) yang aktual, fenomenal, dan kontroversial.

Menyunting adalah tahap memperbaiki tulisan meliputi tanda baca dan ejaan. Dalam menyunting kutipan teks editorial yang disediakan pada soal perlu memperhatikan kaidah tanda baca:

  1. Tanda koma yang digunakan di antara nama tempat dan wilayah yang ditulis berurutan: di Kota Wuhan, Tiongkok (kalimat pertama)
  2. Tanda koma yang digunakan di antara nama tempat dan tanggal: Tiongkok, pada 8 Desember 2019 lalu (kalimat pertama)
  3. Tanda garis miring yang digunakan di antara nama hari dan tanggal dalam bentuk angka: serangan virus ini hingga Senin (27/2) Februari (kalimat kedua)
  4. Tanda koma yang tidak perlu dipakai sebelum kata "dan" : telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius dan telah merenggut 80 nyawa (kalimat kedua)
  5. Tanda titik dua yang tidak perlu dipakai jika perincian atau penjelasan merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan: Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia (kalimat ketiga)

Hasil suntingan tanda baca adalah sebagai berikut:

Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27/2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan ejaan kalimat bercetak miring dalam teks editorial adalah ...

0

Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut!   Hasil riset terkini menyatakan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD telah bermutasi dan makin sukar ditumpas. Nyamuk ini tidak hanya menularkan penyakit ...

0

Roboguru

Alasan kesalahan penggunaan kata yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah...

0

Roboguru

Tujuan penyuntingan dalam menyusun teks editorial adalah ...

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut ini!  Coba bayangkan, ketika ada sebuah sekolah yang mempunyai 250 siswa yang akan mengikuti ujian nasional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved