Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut!   Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan: Tiongkok; pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27-2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius, dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti: Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia. (Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-sigap-hadapi-korona.html, diunduh 11 Maret 2020)   Suntinglah tanda baca pada kutipan teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!
 

Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan: Tiongkok; pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27-2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius, dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti: Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia.

(Disadur dari: https://www.lampost.co/berita-sigap-hadapi-korona.html, diunduh 11 Maret 2020)undefined

 

Suntinglah tanda baca pada kutipan teks tersebut! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran berupa pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) yang aktual, fenomenal, dan kontroversial.

Menyunting adalah tahap memperbaiki tulisan meliputi tanda baca dan ejaan. Dalam menyunting kutipan teks editorial yang disediakan pada soal perlu memperhatikan kaidah tanda baca:

  1. Tanda koma yang digunakan di antara nama tempat dan wilayah yang ditulis berurutan: di Kota Wuhan, Tiongkok (kalimat pertama)
  2. Tanda koma yang digunakan di antara nama tempat dan tanggal: Tiongkok, pada 8 Desember 2019 lalu (kalimat pertama)
  3. Tanda garis miring yang digunakan di antara nama hari dan tanggal dalam bentuk angka: serangan virus ini hingga Senin (27/2) Februari (kalimat kedua)
  4. Tanda koma yang tidak perlu dipakai sebelum kata "dan" : telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius dan telah merenggut 80 nyawa (kalimat kedua)
  5. Tanda titik dua yang tidak perlu dipakai jika perincian atau penjelasan merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan: Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia (kalimat ketiga)

Hasil suntingan tanda baca adalah sebagai berikut:

Virus corona jenis baru meneror warga dunia. Virus Ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, pada 8 Desember 2019 lalu. Belum genap dua bulan, serangan virus ini hingga Senin (27/2) Februari telah mencapai 2744 kasus dengan 461 kasus serius dan telah merenggut 80 nyawa. Tidak hanya mewabah di negara asalnya, virus corona mulai menyebar ke beberapa negara dengan cepat, seperti Tiongkok, Jepang, Perancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 28 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikilah kalimat berikut sesuai dengan diksi yang tepat! Makalah itu dibacakan narasumber yang berasal dari Jawa.

Pembahasan Soal:

    Diksi bisa diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan sebuah cerita. Diksi bukan hanya berarti pilih memilih kata melainkan digunakan untuk menyatakan gagasan atau menceritakan peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dan sebagainya.

    Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat "Makalah itu dibacakan narasumber yang berasal dari Jawa" yaitu penggunaan kata oleh.

    Dengan demikian, kalimat yang tepat adalah "Makalah itu dibacakan oleh narasumber yang berasal dari Jawa".space 

0

Roboguru

Agar kalimat di atas menjadi lebih efektif, hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial itu adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual.

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa baik ejaan maupun tanda bacanya sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Agar kalimat di atas menjadi lebih efektif, hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut, kecuali menghapus kata sebagai.

Menghapus kata sebaegai pada kalimat di atas tidak membuat kalimat menjadi efektif karena kata sebagai dibutuhkan pada kalimat di atas yang menyatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi upaya konservasi warisan budaya bawah air merupakan hasil kerja beberapa pihak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Susunan kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi teks editorial padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyusun kalimat acak menjadi teks editorial yang padu, di antaranya yaitu : 

  1. Bacalah dengan cermat.

  2. Pilihlah kalimat yang bersifat umum dan memuat gagasan utama.

  3. Perhatikan penanda wacana atau kata penghubung.

  4. Susunlah kalimat menjadi rangkaian paragraf padu.

Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, susunan kalimat agar menjadi paragraf padu adalah :

Perilaku di jalan raya akan bisa dieliminasi persoalannya jika setiap pihak yang memanfaatkan jalan saling menghargai hak satu sama lain. Pengemudi perlu memperhatikan kepentingan para pejalan kaki yang memang dalam posisi paling lemah di jalan.  Meskipun demikian, para pejalan kaki juga harus memperhatikan kepentingan para pengendara. Masalahnya ternyata belum semua warga mengetahui dan menghormati hak-hak orang lain di jalanan sehingga terjadi sesuatu yang membahayakan orang lain. Sebagai contoh, sepeda motor terjebak di kemacetan terkadang memilih untuk naik ke trotoar yang khusus diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan proses memulai menulis teks editorial!

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dalam menulis teks editorial ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mempermudah proses penulisan, yaitu:

  1. Memilih topik terkini dan terhangat yang menarik pembaca. Topik yang menarik akan diminati para pembaca karena pembaca selalu ingin topik yang terbaru.
  2. Mengumpulkan data untuk mendukung pendapat. Data berupa fakta-fakta yang berhubungan dengan topik akan sangat mendukung pendapat yang sudah dibuat.
  3. Menyesuaikan topik dengan pembaca. Penulis teks editorial harus memperhatikan bahasa, fakta-fakta dan pendapat yang dikemukakan apakah sudah tepat atau belum bagi pembaca.
  4. Menyunting teks editorial. Periksa kembali teks yang sudah dibuat agar kaidah kebahasaan, tanda baca, dan kalimatnya sudah padu dan siap untuk dibaca para pembaca.

Dengan demikian, proses memulai menulis teks editorial dimulai dari memilih topik terkini dan terhangat yang menarik pembaca, kemudian mengumpulkan data untuk mendukung pendapat, lalu menyesuaikan topik dengan pembaca, dan terakhir yaitu menyunting teks editorial.undefined 

0

Roboguru

Kami datang agak terlambat. Dengan begitu kami tidak dapat mengikuti acara pertama. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah …

Pembahasan Soal:

Perbaikan kalimat yang terdapat dalam poin C adalah jawaban yang paling tepat. Jawaban C juga menerapkan efektivitas kalimat. Jawaban C hanya sekali menggunakan kami dan menggunakan konjungsi yang tepat yaitu sehingga.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved