Roboguru

Bacalah kutipan teks berikut!   Hasil riset terkini menyatakan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD telah bermutasi dan makin sukar ditumpas. Nyamuk ini tidak hanya menularkan penyakit setelah menggigit manusia terinfeksi virus dengue, tetapi juga dapat menurunkan virus dengue lewat telurnya hingga lima generasi. Cara paling efektive meredam perkembangbiakan nyamuk dan memberantas sarang nyamuk melalui penutupan tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang bisa menampung air, menguras bak penampungan air, dan menyikat tempat penampungan air. Hal itu harus menjadi kesadaran semua pihak bukan hanya tugas para jumantik. (Disadur dari: https://www.lampost.co/ berita-waspada-momok-dbd.html, diunduh 11 Maret 2020)    Suntinglah ejaan pada kutipan teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!

 

Hasil riset terkini menyatakan nyamuk aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD telah bermutasi dan makin sukar ditumpas. Nyamuk ini tidak hanya menularkan penyakit setelah menggigit manusia terinfeksi virus dengue, tetapi juga dapat menurunkan virus dengue lewat telurnya hingga lima generasi. Cara paling efektive meredam perkembangbiakan nyamuk dan memberantas sarang nyamuk melalui penutupan tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang bisa menampung air, menguras bak penampungan air, dan menyikat tempat penampungan air. Hal itu harus menjadi kesadaran semua pihak bukan hanya tugas para jumantik.

(Disadur dari: https://www.lampost.co/ berita-waspada-momok-dbd.html, diunduh 11 Maret 2020)undefined 

 

Suntinglah ejaan pada kutipan teks tersebut! 

 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial atau tajuk rencana merupakan artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran berupa pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa (berita) yang aktual, fenomenal, dan kontroversial.

Menyunting adalah tahap memperbaiki tulisan meliputi tanda baca dan ejaan. Menyunting ejaan berkaitan dengan perbaikan penulisan bunyi kata, frasa, kalimat sesuai kaidah yang benar.

Pada kutipan teks editorial tersebut ejaan yang perlu disunting adalah sebagai berikut.

  1. Kata "aedes aegypti". Kata ini merupakan nama ilmiah nyamuk penyebab demam bedarah, sehingga penulisannya harus mengikuti aturan baku penamaan ilmiah. Kata aedes menunjukkan nama genus maka harus diawali dengan huruf kapital, sementara kata aegypti karena menunjukkan spesies maka tidak perlu menggunakan huruf kapital di awal katanya. Selain itu nama ilmiah juga harus ditulis miring. Sehingga, perbaikan kata ini menjadi "Aedes aegypti"
  2. Kata "dengue". Kata ini merupakan istilah asing, sehingga sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) penulisannya harus dimiringkan menjadi "dengue"
  3. Kata "efektive". Kata ini merupakan kata serapan, mengacu pada PUEBI kata ini tidak diakhiri dengan huruf "ve" tetapi "f". Sehingga, perbaikan kata ini menjadi "efektif"

Hasil suntingan teks ditunjukkan dengan garis bawah:

Hasil riset terkini menyatakan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor penularan DBD telah bermutasi dan makin sukar ditumpas. Nyamuk ini tidak hanya menularkan penyakit setelah menggigit manusia terinfeksi virus dengue, tetapi juga dapat menurunkan virus dengue lewat telurnya hingga lima generasi. Cara paling efektif meredam perkembangbiakan nyamuk dan memberantas sarang nyamuk melalui penutupan tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang bisa menampung air, menguras bak penampungan air, dan menyikat tempat penampungan air. Hal itu harus menjadi kesadaran semua pihak bukan hanya tugas para jumantik.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fungsi dari kalimat penjelas dalam teks editorial adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat penjelas ini berfungsi menjelaskan ide dari kalimat utama sehingga menjadi jelas, rinci, dan lengkap.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut ini yang termasuk unsur penting dalam menyunting teks editorial adalah ...

Pembahasan Soal:

Ada lima unsur penting yang perlu diperhatikan saat melakukan penyuntingan teks editorial, yaitu sebagai berikut.undefined 

  1. Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan tanda baca.
  2. Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai dengan situasi dan kondisi. 
  3. Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca.
  4. Struktur kalimat harus mengandung unsur subjek dan predikat.
  5. Memperhatikan keterpaduan paragraf, seperti kesatuan, kepaduan, dan kelengkapan.undefined 


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Perbaikan ejaan kalimat bercetak miring dalam teks editorial adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik yang dibahas. Pada teks editorial di atas terdapat kalimat yang perlu diperbaiki penulisannya karena tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, salah satunya pada kalimat "Pada semester pertama 2020, total kerugian negara yang diakibatkan praktek korupsi mencapai Rp 39 trilyun, tetapi vonis pengenaan uang pengganti hanya sekitar 6 presen atau Rp 2,3 trilyun." Kalimat tersebut menuliskan kata "praktik" secara tidak baku, selain itu penulisan singkatan nilai mata uang rupiah dengan nominal uang, seharusnya tidak dipisah sehingga ditulis "Rp39 triliun" dan "Rp2,3 triliun".

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut ini!   Sekolah ibarat barang dagangan semng dengan pemberlakuan standar tunggal manajemen ISO. Dengan standar itu, tanpa disadari, bukan juga ekses, tercipta kastanisa...

Pembahasan Soal:

Teks tersebut menjelaskan tentang sekolah dengan pemberlakukan standar tunggal manajemen ISO menciptakan kastanisasi sekolah mulai dari yang internasional hingga pinggiran, bersaing dengan sekolah swasta internasional. Kutipan tersebut memuat pendapat narasumber tertentu, yakni kolumnis Darmaningtyas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pembuatan teks editorial tidak lebih dalam….kata

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah artikel utama yang ditulis oleh redaktur koran yang merupakan pandangan redaksi terhadap suatu persitiwa aktual, fenomenal, dan kontroversial. Pembuatan teks editorial tidak lebih dari 500 kata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved