Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen berikut! “Aku tak mengerti, mengapa sikap Yeska sangat tidak bersahabat. Mungkin, karena aku hanya anak kampung dengan latar belakang dari keluarga sederhana. Akan tetapi, aku tak mau ambil pusing. Yang penting, aku selalu bersikap baik terhadapnya dan siapa pun, seperti yang selalu dipesankan Buyung kepadaku dan anak-anaknya,” gumamku sambil menutup kamar. Kemudian, kurebahkan tubuhku pada tempat tidur tanpa kasur. Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....

Bacalah kutipan cerpen berikut!

“Aku tak mengerti, mengapa sikap Yeska sangat tidak bersahabat. Mungkin, karena aku hanya anak kampung dengan latar belakang dari keluarga sederhana. Akan tetapi, aku tak mau ambil pusing. Yang penting, aku selalu bersikap baik terhadapnya dan siapa pun, seperti yang selalu dipesankan Buyung kepadaku dan anak-anaknya,” gumamku sambil menutup kamar. Kemudian, kurebahkan tubuhku pada tempat tidur tanpa kasur.
 

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....

  1. Di ruang tamu

  2. Di kamar tidur

  3. Di dapur

  4. Di ruang makan

Iklan

D. Wahyu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pada cerpen, terdapat unsur yang membangun karya sastra, yaitu unsur intrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tema, penokohan, latar, alur, amanat, dan sudut pandang. Unsur intrinsik latar terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Latar yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah latar tempat kamar tidur. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat keempat dan kelima, yakni “ ...gumamku sambil menutup kamar. Kemudian, kurebahkan tubuhku pada tempat tidur tanpa kasur .” Kedua kalimat tersebut menunjukkan latar kamar tidur. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pada cerpen, terdapat unsur yang membangun karya sastra, yaitu unsur intrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tema, penokohan, latar, alur, amanat, dan sudut pandang. Unsur intrinsik latar terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Latar yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah latar tempat kamar tidur. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat keempat dan kelima, yakni “...gumamku sambil menutup kamar. Kemudian, kurebahkan tubuhku pada tempat tidur tanpa kasur.” Kedua kalimat tersebut menunjukkan latar kamar tidur. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar kutipan cerpen tersebut adalah...

3

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia