Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks cerpen 1 Teks cerpen 2 Teman temanya suka mengolok joko .mentang-mentang dia Cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit.sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu disekolah ini. Untuk membantu ibunya, joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka. Kalau beberapa tahun lalu tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis. Tuan akan berhenti didekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan kearah barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar Tuan akan sampai di jalan kampungku.pada simpang kecil kekanan.beloklah kejalan sempit itu. Dan diujung jalan itu nanti tauan temukan sebuah surau tua. Didepanya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi. Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan ....

Teks cerpen 1
Teks cerpen 2
Teman temanya suka mengolok joko .mentang-mentang dia Cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit.sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu disekolah ini. Untuk membantu ibunya, joko harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.
Kalau beberapa tahun lalu tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis. Tuan akan berhenti didekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan kearah barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar Tuan akan sampai di jalan kampungku.pada simpang kecil kekanan.beloklah kejalan sempit itu.
Dan diujung jalan itu nanti tauan temukan sebuah surau tua. Didepanya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan ....

  1. latar

  2. alur

  3. penokohan

  4. tokoh

  5. amanat

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Berdasarkan jenisnya, latar digolongkan sebagai unsur intrinsik (unsur yang membangun karya sastra itu sendiri). Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan latar . Hal ini seperti yang terdapat dalam teks 1 (latar tempat di gang sempit), sedangkan dalam teks 2 latar tempat di jalan sempit. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Berdasarkan jenisnya, latar digolongkan sebagai unsur intrinsik (unsur yang membangun karya sastra itu sendiri). Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur intrinsik yang berhubungan dengan latar. Hal ini seperti yang terdapat dalam teks 1 (latar tempat di gang sempit), sedangkan dalam teks 2 latar tempat di jalan sempit. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

506

Ayu Delia XI MIPA 2

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar kutipan cerpen tersebut adalah...

8

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia