Roboguru
SD

Baca kutipan hikayat berikut ini! Kemudian jawablah pertanyaannya!       Tiada berapa lama Raja Petukal dan rombongannya tiba di halaman istana. Wajah Raja Petukal tampak merah padam karena amarah dan sengatan sinar matahari siang. Raja Petukal dan rombongannya berhenti beberapa langkah di depan tangga istana. Dadanya turun naik, napasnya tersengal-sengal karena dipompa kemarahannya.     "Hai, Muda Cik Leman!" teriak Raja Petukal tanpa basa-basi lagi, ''bagaimana janji Tuan? Lebih dua petanak nasi aku menunggu, Gadis Cik Inam tak kunjung turun ke kapal!"     Dengan sikap tenang, Muda Cik Leman menanggapi, "Permintaan Tuan sudah melewati adab kesopanan di negeri kami. Permintaim itu mustahil dapat aku kabulkan."     "Tapi Tuan sudah berjanji mengizinkan Gadis Cik Inam pergi ke kapalku."     "Aku tldak merasa memberikan janji untuk mengizinkan istriku pergi ke kapal Tuan. Aku hanya mengatakan, turunlah Tuan dahulu ke kapal. Gadis Cik Inam perlu bersiap-siap dahulu."     "Bedebah! Jangan Tuan halang-halangi kepergian Gadis Cik Inam ke kapalku!"     "Hilang nyawa dikandung badan, barulah kuizinkan Gadis Cik Inam pergi ke kapalmu!"     "Hai, Muda Cik Leman! Aku ingatkan, sayangilah nyawa Tuan. Jangan karena Gadis Cik Inam, bercerai nyawa dengan badan!"     "Bukan karena sayang atau tidak sayang kepada nyawa, Tuan Raja Petukal!" balas Muda Cik Leman.     "Ini perkara harkat dan martabat kami. Gadis Cik Inam telah menjadi permaisuriku. Langkahi dahulu mayat Muda Cik Leman, barulah Tuan boleh membawa Gadis Cik Inam ke kapal Tuan!"     "Bedebah!" pekik Raja Petukal penasaran. Lakunya sudah seperti orang gila. Wajahnya merah padam karena amarah. (Dikutip dari: Sudamo Mahyudin, Hikayat Muda Cik Leman, Yogyakarta, Yayasan Putra Jaya bekerjasama dengan Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2006) Tentukan amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut!

Pertanyaan

Baca kutipan hikayat berikut ini! Kemudian jawablah pertanyaannya!
 

    Tiada berapa lama Raja Petukal dan rombongannya tiba di halaman istana. Wajah Raja Petukal tampak merah padam karena amarah dan sengatan sinar matahari siang. Raja Petukal dan rombongannya berhenti beberapa langkah di depan tangga istana. Dadanya turun naik, napasnya tersengal-sengal karena dipompa kemarahannya.

    "Hai, Muda Cik Leman!" teriak Raja Petukal tanpa basa-basi lagi, ''bagaimana janji Tuan? Lebih dua petanak nasi aku menunggu, Gadis Cik Inam tak kunjung turun ke kapal!"

    Dengan sikap tenang, Muda Cik Leman menanggapi, "Permintaan Tuan sudah melewati adab kesopanan di negeri kami. Permintaim itu mustahil dapat aku kabulkan."

    "Tapi Tuan sudah berjanji mengizinkan Gadis Cik Inam pergi ke kapalku."

    "Aku tldak merasa memberikan janji untuk mengizinkan istriku pergi ke kapal Tuan. Aku hanya mengatakan, turunlah Tuan dahulu ke kapal. Gadis Cik Inam perlu bersiap-siap dahulu."

    "Bedebah! Jangan Tuan halang-halangi kepergian Gadis Cik Inam ke kapalku!"

    "Hilang nyawa dikandung badan, barulah kuizinkan Gadis Cik Inam pergi ke kapalmu!"

    "Hai, Muda Cik Leman! Aku ingatkan, sayangilah nyawa Tuan. Jangan karena Gadis Cik Inam, bercerai nyawa dengan badan!"

    "Bukan karena sayang atau tidak sayang kepada nyawa, Tuan Raja Petukal!" balas Muda Cik Leman.

    "Ini perkara harkat dan martabat kami. Gadis Cik Inam telah menjadi permaisuriku. Langkahi dahulu mayat Muda Cik Leman, barulah Tuan boleh membawa Gadis Cik Inam ke kapal Tuan!"

    "Bedebah!" pekik Raja Petukal penasaran. Lakunya sudah seperti orang gila. Wajahnya merah padam karena amarah.

(Dikutip dari: Sudamo Mahyudin, Hikayat Muda Cik Leman, Yogyakarta, Yayasan Putra Jaya bekerjasama dengan Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2006)


Tentukan amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah kita tidak boleh merampas sesuatu yang telah menjadi milik orang lain.undefined 

86

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Amanat yang sesuai dengan cuplikan hikayat tersebut adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia