Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks hikayat berikut!


Cerita Bayan Tiada Menurut Kata Ibu Bapanya

    Maka kata bapanya, "Ada seekor kera, konon bersahabat dengan anak saudagar. Beberapa pun dilarang oleh ibu-bapanya, tiada jua didengar oleh anak kera itu; jadi ia beroleh kejahatanlah daripada tiada ia menuruti kata bapanya. Maka senantiasa hari anak kera itu pergi bermain-main dengan anak saudagar itu. Maka kata bapanya, "Hai anakku! Janganlah engkau bersahabat dengan anak saudagar itu, karena ia manusia, kita binatang."
    Maka segala pengajaran ibu-bapanya tiada juga diturut oleh anak kera itu. Sekali peristiwa pada suatu hari, maka anak kera itu pun bermain-main catur dengan anak saudagar itu. Maka kalah anak kera, menang anak saudagar. Maka anak kera itu pun marah, lalu dihamburkannya buah catur itu kepada anak saudagar itu. Syahdan pada masa itu orang pun banyak duduk di rumah saudagar itu; maka anak saudagar itu malu, lalu dihunuskannya pisau daripada pinggangnya dan diparangkannya kepada anak kera itu. Maka anak kera itu pun melompat, kenalah ujung pisau itu pada lengannya; maka anak kera itu luka sedikit. Setelah itu, pisau itu pun dicampakkan oleh anak saudagar itu. Tatkala dilihat oleh anak kera pisau itu tercampak di situ, lalu ia pun melompat mengambil pisau itu, lalu dilontarkannya kepada anak saudagar itu; maka anak saudagar itu pun luka sedikit.
    Sebermula anak kera itu pun kembalilah ia kepada bapanya. Setelah dilihat oleh bapanya anaknya luka, maka kata bapanya, "Kena apa engkau luka itu?"
    Maka berceritalah anak kera itu segala peri halnya kepada bapanya. Maka kata bapanya, "Hai anakku! Apakah kataku dahulu kepadamu? Sekarang janganlah lagi engkau bersahabat dan bermain-main dengan anak saudagar itu."

Dikutip dari: Tim Penyunting Balai Pustaka, Hikayat Bayan Budiman, Jakarta, Balai Pustaka. 2011

Amanat apa terdapat dalam kutipan hikayat tersebut?undefined 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada pendengar cerita hikayat. Amanat dapat ditemukan secara langung atau disampaikan langsung oleh pengarang atau bisa juga dengan memahami cerita tersebut.

Adapun amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang adalah agar kita senantiasa mendengar perkataan orang tua agar selamat. Agar tidak seperti anak kera yang keras kepala dan akhrinya hampir mencelakakan dirinya sendiri.

Dengan demikian, amanat yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah pesan agar kita senantiasa mendengar nasihat orang tua agar tidak celaka.

392

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan hikayat berikut!     Setelah didengar Raja Sulaiman sembah landak itu, maka titah Raja Sulaiman “Hai landak! Hampirlah engkau kepada aku! Aku hendak bertanya kepadamu, bahwa aku d...

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia