Roboguru

Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayi yang baru Iahir, oleh karena itu PPKI melakukan sidang-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang

Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayi yang baru Iahir, oleh karena itu PPKI melakukan sidang-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua!undefined 

  1. hasil sidang PPKI pertama antara lain: mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden, pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR. Hasil sidang kedua PPKI: pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama.

  2. ...undefined 

Jawaban:

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sejarahnya, PPKI pernah menggelar tiga kali sidang. Sidang PPKI pertama dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Hasil sidang PPKI pertama antara lain: mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden, pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR. Sidang PPKI kedua dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil senagai berikut: pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama. Sidang PPKI ketiga pada 21 Agustus 1945 dengan hasil sebagai berikut: pembentukan Komite Nasional, membentuk Partai Nasional Indonesia dan Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

Dengan demikian,  perbandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua hasil sidang PPKI antaralain hasil sidang PPKI pertama antara lain: mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden, pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR. Hasil sidang kedua PPKI: pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved