Iklan

Iklan

Pertanyaan

Arrange the senteces bellow into a correct paragraph. We left our house at about 5 o'clock in the morning. we took a taxi to the railway station. Finally our train came. All of us rushed to get on the train. Last Lebaran , my family and I went hometown. We decided to take a train because it is more comfortable. It took about 5 to 7 hours to get to our hometown. We enjoyed our jurney. We took the carriage no 3 according to our tickets. But without any prior information, our train was late for about fifteen minutes, so we had to wait a bit longer. After finding our seats we could sit comfortably. We arrived at the station at six. Our train would leave at 6.40.

Arrange the senteces bellow into a correct paragraph.

  1. We left our house at about 5 o'clock in the morning. we took a taxi to the railway station.
  2. Finally our train came. All of us rushed to get on the train.
  3. Last Lebaran, my family and I went hometown. We decided to take a train because it is more comfortable.
  4. It took about 5 to 7 hours to get to our hometown. We enjoyed our jurney.
  5. We took the carriage no 3 according to our tickets.
  6. But without any prior information, our train was late for about fifteen minutes, so we had to wait a bit longer.
  7. After finding our seats we could sit comfortably.
  8. We arrived at the station at six. Our train would leave at 6.40.
  1. 3-8-6-4-5-1-2-7

  2. 3-4-5-8-1-2-6-7

  3. 3-1-8-6-2-5-7-4

  4. 3-5-4-2-7-8-1-6

Iklan

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sebelum menyusun kalimat menjadi suatu paragraph yang tepat, hal yang paling mudah dilakukan adalah menentukan jenis teksnya. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, jenis teksnya adalah recount yang menceritakan pengalaman berdasarkan urutan waktu. Urutan pertama adalah kalimat ketiga karena pada kalimat tersebut terdapat keterangan waktu “ last Lebaran ” dan diperkenalkannya tokoh yang ada dalam teks bacaan. Lalu urutan kalimat kedua adalah kalimat pertama karena adanya hubungan antara kalimat keliga dan kalimat pertama yaitu “ take a train ” (naik kereta) dan “ took a taxi to the railway station ” (naik taxi ke stasiun kereta). Karena tidak ada pilihan lain yang berututan 3-1 …maka jawaban 3 adalah jawaban yang tepat yaitu dengan urutan 3-1-8-6-2-5-7-4.

Sebelum menyusun kalimat menjadi suatu paragraph yang tepat, hal yang paling mudah dilakukan adalah menentukan jenis teksnya. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, jenis teksnya adalah recount yang menceritakan pengalaman berdasarkan urutan waktu. Urutan pertama adalah kalimat ketiga karena pada kalimat tersebut terdapat keterangan waktu “last Lebaran” dan diperkenalkannya tokoh yang ada dalam teks bacaan. Lalu urutan kalimat kedua adalah kalimat pertama karena adanya hubungan antara kalimat keliga dan kalimat pertama yaitu “take a train” (naik kereta) dan “took a taxi to the railway station” (naik taxi ke stasiun kereta). Karena tidak ada pilihan lain yang berututan 3-1 …maka jawaban 3 adalah jawaban yang tepat yaitu dengan urutan 3-1-8-6-2-5-7-4.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

My holiday to Bali I was in senior high school when I went to Bali Island for the first time. I went there with my teacher and my friends. It was our school study tour. My teacher, my classmates, a...

38

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia