Iklan

Iklan

Pertanyaan

Read the text and answer the following question !

TRAGIC ACCIDENT

    When I was walking home from school yesterday, I saw an accident. A car hit a motorcycle from behind. The driver couldn't control his car because he drove very fast.

    The car didn't stop after the accident. It even ran faster and disappeared. The traffic was not so busy. No one came to help the motorcycle's rider. He was injured badly. I was so scared at that time.

    Then I called the police and tried to find help for the victim. Not long after that the police came. The police asked me several questions. I told them what happened.

    Then I saw an ambulance took the victim to the near hospital. After that I went home because it was already dark. It was really tragic.

What are thegenericstructures of the text ? Identify them !

What are the generic structures of the text ? Identify them !

Iklan

H. Qisthi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Jawaban terverifikasi

Jawaban

generic structure dari teks di atas adalah "Introduction,Series of events, andReorientation"

generic structure dari teks di atas adalah "Introduction,Series of events, and Reorientation"

Iklan

Pembahasan

Peetanyaan pada soal diterjemahkan menjadi "Apa saja bagian-bagian dari teks tersebut ? Identifikasikan !" Untuk mengidentifikasi bagian-bagian teks kita bisa lihat dari susunan ceritanya. Pada paragraf pertama menceritakan tentang latar belakang kejadian yang di dalamnya mencangkup kejadian yang terjadi ( what ), pelaku yang terlibat ( who ), dan waktu kejadian ( when ). Bagian-bagian tersebut merupakan Introduction (pendahuluan). Kemudian, setelah pendahuluan penulis menceritakan runtutan kejadian yang dialaminya. Kejadian tersebut ditulis secara berurutan sesuai dengan waktu kejadiannya. Bagian tersebut disebut sebagai Series of events (runtutan kejadian). Selanjutnya, di akhir kalimat penulis menyatakan bahwa setelah kejadian selesai ia pulang ke rumah karena hari sudah gelap dan kejadian tersebut sangat tragis. Pernyataan tersebut merupakan kesimpulan dan kesan dari kejadian yang dialami penulis. Bagian kesimpulan dan kesan merupakan bagian Reorientation (penutup). Dengan demikian, generic structure dari teks di atas adalah "Introduction,Series of events, andReorientation"

Peetanyaan pada soal diterjemahkan menjadi "Apa saja bagian-bagian dari teks tersebut ? Identifikasikan !"

Untuk mengidentifikasi bagian-bagian teks kita bisa lihat dari susunan ceritanya.

Pada paragraf pertama menceritakan tentang latar belakang kejadian yang di dalamnya mencangkup kejadian yang terjadi (what), pelaku yang terlibat (who), dan waktu kejadian (when). Bagian-bagian tersebut merupakan Introduction (pendahuluan).

Kemudian, setelah pendahuluan penulis menceritakan runtutan kejadian yang dialaminya. Kejadian tersebut ditulis secara berurutan sesuai dengan waktu kejadiannya. Bagian tersebut disebut sebagai Series of events (runtutan kejadian).

Selanjutnya, di akhir kalimat penulis menyatakan bahwa setelah kejadian selesai ia pulang ke rumah karena hari sudah gelap dan kejadian tersebut sangat tragis. Pernyataan tersebut merupakan kesimpulan dan kesan dari kejadian yang dialami penulis. Bagian kesimpulan dan kesan merupakan bagian Reorientation (penutup).

Dengan demikian, generic structure dari teks di atas adalah "Introduction,Series of events, and Reorientation"

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Christine Yermias

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

My holiday to Bali I was in senior high school when I went to Bali Island for the first time. I went there with my teacher and my friends. It was our school study tour. My teacher, my classmates, a...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia