Roboguru

Arah kebijakan pembangunan pada masa Orde baru ditujukan kepada pembangunan disegala bidang yang pelaksanaannya tertumpu dalam suatu program yang disebut ….

Pertanyaan

Arah kebijakan pembangunan pada masa Orde baru ditujukan kepada pembangunan disegala bidang yang pelaksanaannya tertumpu dalam suatu program yang disebut ….

  1. Trilogi Pembangunan

  2. Revolusi Hijau

  3. Repelita

  4. Pembangunan Lima Tahun

  5. Strategi pembangunan

Pembahasan Soal:

Trilogi pembangunan merupakan wacana pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Orde Baru sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi, dan sosial dalam melaksanakan pembangunan negara. Trilogi pembangunan terdiri atas tiga aspek antara lain :

  1. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
  3. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Dengan demikian, Trilogi pembangunan merupakan arah kebijakan pembangunan pada masa Orde baru ditujukan kepada pembangunan disegala bidang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini : Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis Stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi untuk mengendalikan inflasi dan memperbaiki infrastruktur ekonomi. Per...

Pembahasan Soal:

Trilogi pembangunan merupakan konsep pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah Orde Baru untuk mengatasi masalah ekonomi. Dasar pembuatan konsep tersebut adalah inflasi yang sangat tinggi pada awal tahun 1966. Oleh karena itu, pemerintah Orde Baru menciptakan konsep trilogi pembangunan sebagai tumpuan dalam menlaksanakan pembangunan. Dalam hal ini, tiga aspek dalam trilogi pembangunan antara lain :

  1. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis
  2. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi
  3. Pemerataan pembangunan serta hasil – hasilnya yang menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat di Indonesia.

Dengan demikian, aspek-aspek dalam trilogi pembangunan menekankan pada pencapaian pembangunan yang tinggi secara merata dengan jaminan stabilitas keamanan. Sesuai uraian diatas tiga aspek trilogi pembangunan ditunjukkan nomer 1, 3, dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sebutkan bunyi dari Trilogi Pembangunan!

Pembahasan Soal:

Masa Orde Baru (1966-1998) dalam pembangunan nasional mempunyai tujuan yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu slogan/semboyan pembangunan nasional masa ini ialah Trilogi Pembangunan yang merupakan wacana pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintahan orde baru di Indonesia sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi, dan sosial dalam melaksanakan pembangunan negara. Konsep Trilogi Pembangunan adalah suatu rencana pembangunan nasional yang dilaksanakan pada masa pemerintahan orde baru di bawah pimpinan Presiden Soeharto. Konsep Trilogi Pembangunan ini dibuat sebagai pedoman bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan politik, sosial maupun ekonomi dalam melaksanakan pembangunan nasional di Indonesia. Trilogi pembangunan terdiri dari tiga hal meliputi Stabilitas Nasional yang dinamis, Pertumbuhan yang cukup tinggi, dan Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang menuju pada cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  

Dengan demikian bunyi Trilogi Pembangunan ialah pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

1

Roboguru

Salah satu Azas Pembangunan Jangka Panjang Tahap II ...

Pembahasan Soal:

Konsep trilogi pembangunan pada masa orde baru salah satunya adalah dengan membentuk Pembangunan Jangka Panjang Tahap II (PJPT II). Ada tiga bidang strategis dalam PJPT II, yaitu pembangunan mutu sumber daya manusia, peningkatan tabungan nasional, dan pembangunan kelembagaan. Jadi, jawabannya adalah sumber daya manusia, tabungan nasional, dan kelembagaan.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa aspek berikut! Pertumbuhan ekonomi yang tinggi Pengentasan kemiskinan Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis Pemerataan pembangunan Penciptaan lapangan pekerjaan yang lu...

Pembahasan Soal:

Keberhasilan pemerintah Orde Baru dalam memperbaiki tingkat inflasi mendorong pemerintah mengimplementasikan pembangunan selanjutnya. Gagasan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Orde Baru berdasarkan pada Trilogi Pembangunan yang mencakup aspek-aspek berikut:

  1. Stabilitas nasionai yang sehat dan dinamis.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang ckukup tinggi.
  3. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu program pembangunan dan peningkatan perekonomian Indonesia pada masa Orde Baru disebut ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Orde Baru, pembangunan ekonomi menjadi fokus utama pemerintah. Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi perekonomian Indonesia yang terpuruk selama masa pemerintahan demokrasi terpimpin. Salah satu upaya pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru adalah dengan dijalankannya Trilogi Pembangunan. Trilogi Pembangunan adalah tiga unsur pembangunan negara, yaitu stabilitas nasional yang sehat dan dinamis, pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, serta pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved