Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah yang dimaksud dengan Uli Lima dan Uli Siwa?

Apakah yang dimaksud dengan Uli Lima dan Uli Siwa?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Uli Lima atau persekutuan lima bersaudara dipimpin oleh Ternate dan Uli Siwa atau persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore.

 Uli Lima atau persekutuan lima bersaudara dipimpin oleh Ternate dan Uli Siwa atau persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore.

Iklan

Pembahasan

Kepulauan Maluku menduduki posisi penting dalam perdagangan dunia di kawasan timur Nusantara.Mengingat keberadaan daerah Maluku ini, maka tidak mengherankan jika sejak abad ke-15 hingga abad ke-19 kawasan ini menjadi wilayah perebutan antara bangsa Spanyol, Portugis, dan Belanda. Sejak awal diketahui bahwa di daerah ini terdapat dua kerajaan besar bercorak Islam, yakni Ternate dan Tidore. Kedua kerajaan ini terletak di sebelah barat Pulau Halmahera, Maluku Utara. Dalam perkembangannya, dua kerajaan inimenjadi kuat dan makmur yang kemudianmenimbulkan persaingan dagang antar mereka.Persaingan tersebut menjurus pada perebutan pengaruh dan kekuatan,sehingga muncul dua persekutuan. Dua persekutuan tersebut adalah Uli Siwa dan Uli Lima. Uli Lima berarti persekutuan lima bersaudara yangdipimpin oleh Ternate dengan anggota Ambon, Bacan, Obi, dan Seram. Sementara Uli Siwa yang merupapkan persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore dengan anggota Makean, Halmahera, Kai dan pulau-pulau lain hingga ke Papua bagian Barat. Kedua persekutuan tersebut saling berselisih untuk menguasai perdagangan rempah-rempah. Dengan demikian,Uli Lima atau persekutuan lima bersaudara dipimpin oleh Ternate dan Uli Siwa atau persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore.

Kepulauan Maluku menduduki posisi penting dalam perdagangan dunia di kawasan timur Nusantara. Mengingat keberadaan daerah Maluku ini, maka tidak mengherankan jika sejak abad ke-15 hingga abad ke-19 kawasan ini menjadi wilayah perebutan antara bangsa Spanyol, Portugis, dan Belanda.

Sejak awal diketahui bahwa di daerah ini terdapat dua kerajaan besar bercorak Islam, yakni Ternate dan Tidore. Kedua kerajaan ini terletak di sebelah barat Pulau Halmahera, Maluku Utara. Dalam perkembangannya, dua kerajaan ini menjadi kuat dan makmur yang kemudian menimbulkan persaingan dagang antar mereka. Persaingan tersebut menjurus pada perebutan pengaruh dan kekuatan, sehingga muncul dua persekutuan. Dua persekutuan tersebut adalah Uli Siwa dan Uli Lima.

Uli Lima berarti persekutuan lima bersaudara yang dipimpin oleh Ternate dengan anggota Ambon, Bacan, Obi, dan Seram. Sementara Uli Siwa yang merupapkan persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore dengan anggota Makean, Halmahera, Kai dan pulau-pulau lain hingga ke Papua bagian Barat. Kedua persekutuan tersebut saling berselisih untuk menguasai perdagangan rempah-rempah.

Dengan demikian, Uli Lima atau persekutuan lima bersaudara dipimpin oleh Ternate dan Uli Siwa atau persekutuan sembilan bersaudara dipimpin oleh Tidore.

Latihan Bab

Teori dan Saluran Masuknya Agama Islam

Kerajaan Islam di Jawa

Kerajaan Islam di Kalimantan dan Sulawesi

Kerajaan Islam di Nusa Tenggara, Maluku dan Papua

10rb+

wenyCoffee Milk

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Persekutuan antara penguasa Makyan, Jailolo, Halmahera, Pulau Raja Ampat, Kai, dan Papua, dengan penguasa Tidore sebagai pemimpinnya disebut ...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia