Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah semua senyawa ion pasti akan larut dalam air dan terurai membentuk ion-ionnya? Apakahnilai derajat disosiasi senyawa ion pasti besar, yaitu mendekati 1?

Apakah semua senyawa ion pasti akan larut dalam air dan terurai membentuk ion-ionnya? Apakah nilai derajat disosiasi senyawa ion pasti besar, yaitu mendekati 1?space space space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sebagian besar senyawa ion pasti akan larut dalam air dan terurai membentuk ion-ionnya dengan nilai α = 1 atau mendekati 1. Contoh senyawa ion yang derajat disosiasinya kurang dari 1 adalah garam yang sukar larut. Kemampuan suatusenyawa elektrolit terurai dalam air dapat dinyatakan secara kuantitatifoleh derajat ionisasi/disosiasi ( α ) . α = jumlah mol zat mula − mula jumlah mol zat yang terionisasi ​ Keterangan: Larutan elektrolit kuat; α = 1 atau mendekati 1. Larutan elektrolit lemah; 0 < α < 1 . Larutan nonelektrolit; α = 0 . Senyawa ion bersifat senyawa polar yang pasti akan larut dalam air yang juga bersifat polar, sesuai prinsip kelarutan like dissolve like . Senyawa ion terbentuk dari kation dan anion, oleh karenanya pengubahan senyawa ion menjadi ion-ionnya disebut juga reaksi disosiasi. Sebagian besar senyawa ion yang dilarutkan dalam air akan terdisosiasi sempurna menghasilkan ion-ion bebas, oleh karenanya sebagian besar senyawa ion mempunyai nilai α = 1 atau mendekati 1. Akan tetapi, senyawa ion seperti garam sukar larut akan memiliki nilai 0 < α < 1 .

Sebagian besar senyawa ion pasti akan larut dalam air dan terurai membentuk ion-ionnya dengan nilai  atau mendekati 1. Contoh senyawa ion yang derajat disosiasinya kurang dari 1 adalah garam yang sukar larut.

Kemampuan suatu senyawa elektrolit terurai dalam air dapat dinyatakan secara kuantitatif oleh derajat ionisasi/disosiasi .

 

Keterangan:

  • Larutan elektrolit kuat;  atau mendekati 1.
  • Larutan elektrolit lemah; .
  • Larutan nonelektrolit; .

Senyawa ion bersifat senyawa polar yang pasti akan larut dalam air yang juga bersifat polar, sesuai prinsip kelarutan like dissolve like. Senyawa ion terbentuk dari kation dan anion, oleh karenanya pengubahan senyawa ion menjadi ion-ionnya disebut juga reaksi disosiasi.

Sebagian besar senyawa ion yang dilarutkan dalam air akan terdisosiasi sempurna menghasilkan ion-ion bebas, oleh karenanya sebagian besar senyawa ion mempunyai nilai  atau mendekati 1. Akan tetapi, senyawa ion seperti garam sukar larut akan memiliki nilai .space space space

Latihan Bab

Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

Elektrolit

Nonelektrolit

Konsep Kilat

167

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan mengapa senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik !

3rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia