Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apakah persamaan dan perbedaan dari teori asam-basa Arrhenius, teori asam-basa Bronsted-Lowry, dan teori asam-basa lewis?

Apakah persamaan dan perbedaan dari teori asam-basa Arrhenius, teori asam-basa Bronsted-Lowry, dan teori asam-basa lewis?

Iklan

A. Ghifari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Persamaan teori asam-basa Arrhenius dengan teori asam basa Bronsted-Lowry adalah keduanya sama-sama melibatkan ion H + untuk menunjukkan zat yang bersifat asam, perbedaannya, asam basa Lewis melibatkan pasangan elektron, teori asam basa Bronsted Lowry melibatkan serah terima proton, sedangkan teori asam basa Arhenius melibatkan pelarut air dan lepasnya ion H + dan OH − . Persamaan Teori asam-basa Arrhenius dan Bronsted-Lowry memiliki kesamaan melibatkan ion H + untuk menunjukkan zat bersifat asam. Persamaan teori asam basa Bronsted-Lowry dengan asam basa Lewis adalah dalam penentuan sifat asam-basa keduanya bergantung pada pasangan reaksi. Teori asam-basa Arrhenius, asam didefinisikan sebagai zat yang menghasilkan H + dalam larutannya. HCl ( a q ) → H + ( a q ) + Cl − ( a q ) Teori asam-basa Bronsted-Lowry, asam didefinisikan sebagai zat yang mendonorkan H + . HCl ( a q ) ​ + H 2 ​ O ( l ) ​ → H 3 ​ O ( a q ) + ​ + Cl ( a q ) − ​ Sedangkan perbedaanya adalah: --- Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini.

Persamaan teori asam-basa Arrhenius dengan teori asam basa Bronsted-Lowry adalah keduanya sama-sama melibatkan ion  untuk menunjukkan zat yang bersifat asam, perbedaannya, asam basa Lewis melibatkan pasangan elektron, teori asam basa Bronsted Lowry melibatkan serah terima proton, sedangkan teori asam basa Arhenius melibatkan pelarut air dan lepasnya ion  dan .

Persamaan

Teori asam-basa Arrhenius dan Bronsted-Lowry memiliki kesamaan melibatkan ion  untuk menunjukkan zat bersifat asam. Persamaan teori asam basa Bronsted-Lowry dengan asam basa Lewis adalah dalam penentuan sifat asam-basa keduanya bergantung pada pasangan reaksi.

  • Teori asam-basa Arrhenius, asam didefinisikan sebagai zat yang menghasilkan  dalam larutannya.
     
  • Teori asam-basa Bronsted-Lowry, asam didefinisikan sebagai zat yang mendonorkan .

Sedangkan perbedaanya adalah:



---
Mau lebih paham terkait materi ini? Coba latihan soal di Ruangguru yuk, GRATIS lho! Klik di sini.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

135

Mecrecensia

Makasih ❤️

Fathia Rahmah

Makasih ❤️ Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan pengertian asam basa: Arrhenius Bronsted Lowry Lewis

7

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia