Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apabila Anda diminta untuk mengukur laju reaksi terhadap reaksi: Zn ( s ) + 2 HCI ( a q ) → ZnCI 2 ​ ( a q ) + H 2 ​ ( g ) Bagaimana rancangan percobaan yang akan Anda buat terkait dengan zat yang akan diukur konsentrasinya?

Apabila Anda diminta untuk mengukur laju reaksi terhadap reaksi:


 


Bagaimana rancangan percobaan yang akan Anda buat terkait dengan zat yang akan diukur konsentrasinya?

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Laju reaksi dapat didefiniskan sebagai berkurangnya konsentrasi pereaksi tiap satu satuan waktu atau bertambahnya konsentrasi produk reaksi tiap satu satuan waktu. Untuk menetapkan laju reaksi, kita perlu mengukur perubahan konsentrasi berdasarkan waktu. Pengukuran laju reaksi dapat dilakukan dengan mengukur pertambahan volume gas yang dihasilkan atau pengurangan massa zat reaksi tiap waktu. Perubahan waktu dapat diukur oleh stopwatch atau alat ukur waktu lainnya. Sementara untuk mengukur perubahan konsentrasi dilakukan berdasarkan beberapa percobaan. Untuk reaksi: zat yang akan diukur untuk perubahan konsentrasinya adalah gas . Mengukur volume gas yang diproduksi pada waktu berbeda dapat dikaitkan dengan perubahan konsentrasi. Rancangan perobaan yang akan dilakukan adalah sebagaiberikut: Alat yang digunakan untuk mengukur volume berupa silinder ukur yang dicelupkan ke dalam gelas kimia yang berisi air, disambungkan melalui selang dengan labu Buchner berisi logamdan larutan HCl dalam keadaan tertutup rapat. Cara pengukurannya yaitu dengan menghitung volume gas yang masuk ke dalam silinder per satuan waktu kemudian dapat ditentukan orde reaksi dan laju reaksinya. Cara kerjanya, gas yang dihasilkan akan mengisi ruang pada silinder ukur yang berisi air sehingga menyebabkan air di dalam silinder ukur berkurang.

    Laju reaksi dapat didefiniskan sebagai berkurangnya konsentrasi pereaksi tiap satu satuan waktu atau bertambahnya konsentrasi produk reaksi tiap satu satuan waktu. Untuk menetapkan laju reaksi, kita perlu mengukur perubahan konsentrasi berdasarkan waktu. 

    Pengukuran laju reaksi dapat dilakukan dengan mengukur pertambahan volume gas yang dihasilkan atau pengurangan massa zat reaksi tiap waktu. Perubahan waktu dapat diukur oleh stopwatch atau alat ukur waktu lainnya. Sementara untuk mengukur perubahan konsentrasi dilakukan berdasarkan beberapa percobaan.
Untuk reaksi:

begin mathsize 14px style Zn open parentheses italic s close parentheses and 2 H Cl open parentheses italic a italic q close parentheses yields Zn Cl subscript 2 open parentheses italic a italic q close parentheses plus H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space end style 

zat yang akan diukur untuk perubahan konsentrasinya adalah gas begin mathsize 14px style H subscript 2 space end subscript end style. Mengukur volume gas undefined yang diproduksi pada waktu berbeda dapat dikaitkan dengan perubahan konsentrasi.

Rancangan perobaan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Alat yang digunakan untuk mengukur volume begin mathsize 14px style H subscript 2 space end styleberupa silinder ukur yang dicelupkan ke dalam gelas kimia yang berisi air, disambungkan melalui selang dengan labu Buchner berisi logam dan larutan HCl dalam keadaan tertutup rapat.
  2. Cara pengukurannya yaitu dengan menghitung volume gas undefinedyang masuk ke dalam silinder per satuan waktu kemudian dapat ditentukan orde reaksi dan laju reaksinya.
  3. Cara kerjanya, gas yang dihasilkan akan mengisi ruang pada silinder ukur yang berisi air sehingga menyebabkan air di dalam silinder ukur berkurang.


 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

KHOTIJATUL MASRUKHAH

Bantu banget

Flora Hutajulu

Mudah dimengerti

Edelweis gelar sarjani XII IBNU KHALDUN

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

elfira aula nurulloh

Bantu banget

Alya Fazaristi

Bantu banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang siswa mereaksikan 50 mL larutan Na 2 ​ S 2 ​ O 3 ​ 0,1 M dengan 5 mL HCl 1 M menurut persamaan reaksi berikut. Na 2 ​ S 2 ​ O 3 ​ ( a q ) + 2 HCl ( a q ) → 2 NaCl ( a q ) + 2 H 2 ​ O ( l ...

10

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia