Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan tanah bertekstur lempung dan liat?

Apa perbedaan tanah bertekstur lempung dan liat?  

Iklan

T. Dirgantara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tekstur tanah adalah keadaan tingkat kehalusan tanah yang terjadi karena terdapatnya perbedaan komposisi kandungan fraksi pasir, debu dan liat yang terkandung pada tanah. Secara garis besar tekstur tanah dapat dibedakan menjadi liat, lempung, debu, dan pasir. Tanah pasir memiliki tekstur yang kasar. Terdapat ruang pori-pori yang besar diantara butiran-butirannya sehingga kondisi tanah ini menjadi struktur yang lepas dan gembur. Tanah berdebu umumnya memiliki sifat licinsekali, agak melekat, dapat dibentuk bola teguh, dan dapat digulung dengan permukaan mengkilat. Tanah liat memiliki sifat berat dan halus, sangat lekat, dapat dibentuk bola dengan baik, dan mudah dibuat gulungan. Berukuran kecil dan merupakan mineral sekunder hasil pelapukan kimia mineral primer atau sintesis dan beberapa hasil pelapukan mineral primer. Tanah lempung memiliki ciritidak terasa kasar dan tidak licin, agak melekat, dapat dibentuk agak teguh, dan dapat sedikit dibuat gulungan dengan permukaan mengkilat.

Tekstur tanah adalah keadaan tingkat kehalusan tanah yang terjadi karena terdapatnya perbedaan komposisi kandungan fraksi pasir, debu dan liat yang terkandung pada tanah. Secara garis besar tekstur tanah dapat dibedakan menjadi liat, lempung, debu, dan pasir.

  • Tanah pasir memiliki tekstur yang kasar. Terdapat ruang pori-pori yang besar diantara butiran-butirannya sehingga kondisi tanah ini menjadi struktur yang lepas dan gembur.
  • Tanah berdebu umumnya memiliki sifat licin sekali, agak melekat, dapat dibentuk bola teguh, dan dapat digulung dengan permukaan mengkilat.
  • Tanah liat memiliki sifat berat dan halus, sangat lekat, dapat dibentuk bola dengan baik, dan mudah dibuat gulungan. Berukuran kecil dan merupakan mineral sekunder hasil pelapukan kimia mineral primer atau sintesis dan beberapa hasil pelapukan mineral primer. 
  • Tanah lempung memiliki ciri tidak terasa kasar dan tidak licin, agak melekat, dapat dibentuk agak teguh, dan dapat sedikit dibuat gulungan dengan permukaan mengkilat.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis tanah yang dapat ditemui di Pulau Kalimantan adalah tanah ....

7

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia